DOKTER GIGI

Screenshot_2017-06-21-15-17-54-1.pngNama ku isabella, papi dan mami biasa memanggilku  Sasa, setidaknya itu nama yang manis, dari pada panggilan oppung untukku, panggilan khas untuk anak perempuan orang batak ” butet ” begitu katanya. Tapi kalau abang Mekkel biasa memanggilku Ibel….

Walau aku selalu protes tiap kali oppung memanggilku dengan sebutan itu, tapi oppung tetap tidak berubah pikiran, sama seperti ku keras kepala ” begitu kata papi”.

Oppung jangan lah kau panggil aku butet, jelek kali pun aku dengar nya, sasa kan bukan

orang kampung oppung, sudah warga negara amerika nya  aku oppung ” protes ku

menirukan logat oppung ”

Bah….maccam mananya kau butet, walaupun kau sudah tinggal di amerika, tapi kau

tetaplah orang batak, jangan lupa kan itu. Oppung saja sudah keliling dunia, tapi oppung

Tetap lah orang batak, oppung tidak pernah lupa itu.

Sasa, tau nya itu oppung, tapi malu lah sama teman-teman ku oppung.

Hei amani  mekkel ” panggilan oppung untuk papi ku ” kau ajari lah boru mu ini, jangan jadi batak dalle nanti dia. Jangan seperti abang nya si Mekkel itu, tidak tau bahasa batak, kecewa kali pun mama ” protes oppung ke papi ku dengan logat khas kebatakannya “.

Ia mama, nanti saya  ajarin pun.

Sasa…listen to papi carefully ” you must remember, when grandmom or grandpa is here, please answer when they call you “butet”, understand ?….

Yes papi….

Good, itu baru boru nya papi…

Hmmm…..sepertinya memang aku tak bisa memilih dan menentukan dengan sebutan apakah aku dipanggil, karena mereka semua memanggilku sesuka  hati mereka sendiri.

Tapi benar juga kata oppung, kemanapun aku pergi, predikat batak tetap lah melekat di dalam diriku, dan takkan pernah bisa di hilangkan sampai kapan pun. Walau aku lahir dan besar di amerika.

Dan yang paling membuat ku gelisah sekarang ini adalah, aku harus pulang dan menetap di jakarta, itu yang selalu di tekankan oleh oppung sejak aku kecil, aku tidak boleh nikah dengan orang luar, tapi harus nikah sama orang batak kata oppung, maklum lah  karena hanya aku cucu perempuan di keluarga besar kami dan diharapankan  tinggal di jakarta, sementara sepupu-sepupu ku yang ada di jepang dan di paris, mereka tidak tertarik pulang kampung, meskipun di iming-imingi harta yang berlimpah, yah tentu saja sih, karena ayah dan ibu mereka juga kaya raya, tapi  bagaimana bisa aku tinggal tetap di jakarta ??? Aq telah terbiasa di Amerika, semua teman-teman ku ada disini, sementara dijakarta ???? Aq hanya kenal oppung saja. Maklum karena kami hanya pulang 2 kali dalam setahun, saat ulang tahun pernikahan oppung dan hari natal, itu pun paling lama 3 hari.

Kalau bang Mekkel disuruh pulang kampung ke jakarta, tentu saja dia tidak mau, hidup dan karirnya sudah disini, di amerika, dia jadi dokter bedah syaraf terkenal  seperti papi, hmmmm…sementara papi dan mami juga begitu, mereka hanya ingin balik ke indonesia kala pensiun nanti, itu pun rencananya bukan di jakarta, tapi di bali.

Huffffff……

Haruskah aku yang mengalah ? ” keluhku dalam hati ”

****

seperti tahun-tahun sebelumnya tiap  awal juni kami pulang kampung ke jakarta untuk merayakan ulang tahun pernikahan oppung, begitu juga Pagi ini rencananya aku, bang Mekkel, papi dan mami akan terbang ke jakarta, menghadiri ulang tahun pernikahan oppung yang ke 50, begitu juga uda yang ada di jepang dan di paris beserta semua anak mereka. Karena ulang tahun pernikahan oppung kali ini dirayakan dengan sangat meriah beserta seluruh jajaran staff dan karyawan beserta para kolega bisnis oppung.

Papi, mami….bujukin oppung dong please…sasa nggak mau tinggal di jakarta  pi, macet…

susah sayang ku, oppung tidak akan mendengarkan papi, apalagi mami mu, gimana kalau

sasa sendiri aja yang bujuk oppung, mungkin itu lebih mujarab…

Papi tau sendiri kan, kalau sasa tidak pernah bisa nolak permintaan oppung. Papi nggak sayang yah sama sasa ??? Atau papi nggak ingin sasa tetap di amerika ???

Hmmmm….boru papi yang paling cantik, papi sayangbbanget sama kamu, tapi apa kata oppung itu ada benarnya juga, sudah lama oppung menunggu kamu dewasa, lagian kan  sebentar lagi kan kamu akan sah nih  jadi dokter  gigi, jadi papi pikir, itu bagus untuk mu, lagian nih yah…oppung sudah bangun clinik gigi di  jakarta khusus buat sasa, papi yakin deh kalau sasa pasti suka design  nya, coba lihat nih. ” seru papi menunjukkan gambar clinik itu ke arah ku yang ada di tab nya papi.

waw…keren parah pi, ini tampak bukan seperti klinik, tapi ini lebih seperti hotel bintang lima, Tapi pi….sasa kan nggak punya teman di jakarta, sasa belum tau jalan disana juga.

Tentu saja oppung mendesign nya sempurna, oppung sudah memikirkan semuanya, klinik ini

diperuntukkan untuk kalangan atas, para artis dan sosialita lainnya,  Kalau soal teman dan

yang lainnya itu mah gampang boru, supir oppung kan ada dan siap antar sasa kemanapun

sasa pergi, dan kalau soal teman sih, karyawan oppung banyak tuh disana.

Tapi itu beda papi…” protes ku sepanjang perjalanan ke bandara “.

Hadeh….Pahompu kesayangan oppung nih banyak maunya, manja…..

” seru bang Mekkel nyeletuk begitu saja tanpa di minta, menyulurkan lidahnya mengejekku ”

Menjengkelkan ” gerutuku dalam hati.

Tapi ejekannya sengaja ku abaikan, karena jika aq membalasnya, sepanjang penerbangan akan berubah jadi debat terbuka antara abang dan adek. Dan itu yang selalu ku rindukan darinya. Di rumah sakit dia boleh serius, tapi saat dirumah dia benar-benar berbeda, suka bercanda dan jadi teman yang baik untukku. Dan hal itu yang akan aku rindukan nanti saat aq menetap tinggal di jakarta.

Hufff…..

****

Setelah beberapa jam penerbangan, akhirnya tiba di kampung halaman nya papi dan mami, kota metropolitan katanya, ibu kota jakarta. Mobil fortuner putih oppung  sudah siap membawa kami pulang ke rumah dengan aman, tapi….Macet adalah salah satu sahabat yang selalu mampu membuat emosi memuncak.

Setelah 2 jam bergulat dengan kemacetan, akhirnya tiba juga di rumah oppung, istana bernuansa eropa dengan sedikit sentuhan batak, agak sedikit tak matching menurut ku, tapi oppung tetap memaksakan seleranya.

Di istana ini lah tempat ayah ku di besarkan dan di didik hingga  bisa menjadi ayah terbaik untukku seperti sekarang ini, ayah yang juga sahabat untukku, sekaligus menjadi mentor untukku, bersamanya semua hari tersulit di hidup ku menjadi mudah. Bersamanya aku bisa ngobrol banyak hal, baik itu tentang kuliah, tentang teman-teman ku, tentang bintang film hingga politik ataupun soal gaya, karena sedikit banyak mami menularkan ilmu fashion nya ke papi.

sementara mami di besarkan di tempat berbeda, tepatnya di kota bekasi harapan indah,  di tengah keluarga pecinta fashion yang memiliki pabrik tekstil di kerawang.

****

Mohon maaf pak, ada telp untuk anda ” seru Dewi memasuki ruangan Gerald begitu di persilahkan masuk ”

Bilang saja kalau saya sedang ada meeting ” pinta Gerald menyuruhnya keluar ”

Tapi pak, ini dari kakak anda, katanya penting.

Ok baiklah, sambungkan ke saya ” seru gerald melunak begitu kakaknya di sebut.

Gerald, nanti pulang kantor tolong jemput kenan sama susternya di dokter gigi yah ” pintanya tanpa basa-basi.

Tapi aku masih ada meeting ka, mungkin aku akan telat pulang kantor nanti ” keluh gerald memberi alasan ” kan ada supir ” tambah gerald lagi “.

Please, bantuin kakak yah, supir nya kenan lagi pulang kampung, sementara aku dan abang mu masih di singapure ini, besok pagi baru balik…please….cuma kamu harapan kakak satu-satunya ” seru Meira setengah memohon “.

Terus pekerjaan gue, apa kabar nya ???

Ayolah….kamu kan bos nya disana, kali ini serahin ke mereka aja dulu, jangan pikirkan pekerjaan terus, kapan dapat jodohnya kalau pekerjaan terus yang di pikirkan ” seru Meira menggoda “.

Ia…ia…saya jemput ” seru gerald memotong, karna dia tidak tahan di ceramahi terus soal jodoh “.

Nah itu baru namanya adek yang baik, hitung-hitung ketemu dokter cantik disana ” goda meira lagi ”

Cantik dari mana ? Semua dokter gigi disana kan tua-tua semua, hadeh….” keluh gerald ”

Bukan di tempat biasa dek, kenan sudah pindah, soalnya kakak dapat rekomendasi dari teman, katanya di clinik baru  itu dokter-dokternya cantik-cantik dan baik sama anak-anak, kakak berharap sih mereka bisa membujuk kenan, kamu tau sendiri kan keponakan kamu tuh takut sama dokter gigi.

PR lagi nih sepertinya, ” tebak gerald spontan “.

Hahahahahha….untuk itu kakak minta tolong sama kamu, buat ikut bujukin kenan nanti, karna kalau cuma sama suster nya dia tidak akan nurut.

Ok baiklah, aku berangkat sekarang ” seru gerald pamit “.

Terimakasih adek ku ” seru meira mematikan telpon dari seberang “.

****

Sore….mbak…” sapa gerald ke reseptionist depan ” kenan di ruangan mana mba ?

Mari pak saya antar “seru salah seorang reseptionist menuntun gerald menyusuri lorong kaca transparant hingga akhirnya sampai disalah satu ruangan “. Dimana gerald menangis histeris, antara takut alat dokter dan rasa sakit yang di rasakannya.

Sore bu……sapa para karyawan yang ada di clinik itu begitu melihat seorang gadis berparas cantik, tinggi semampai dengan gaun hijau tosca, sederhana namun elegant. Yup…dia Isabella, dia iseng-iseng berkunjung sebentar sebelum acara ulang tahun pernikahan oppung di mulai, tanpa supir dan tanpa pengawal. Dia hanya penasaran bagaimana wujud clinik yang di design oppung untuknya. Dan ternyata semua sesuai ekspektasi issabella, cozy dan santai, ada ruang bermain untuk anak-anak dan ada cafe juga.

Tapi suatu tangisan mengusiknya…..

Suara apa itu ? ” tanya isabelle ???

Itu pasien dokter Neina bu, sudah hampir setengah  jam tapi tak juga berhasil membujuknya.

Kok bisa ??? Keluh isabel menghampiri masuk ruangan.

Sontak dokter neina berdiri menyapa begitu melihat isabel masuk.

Namun isabel memilih mengabaikannya dan langsung menghampiri kenan….

Hai…anak manis….kenapa menangis ? Nanti gantengnya bisa hilang loh, seru isabel mengelus lembut pipi kenan yang berbaring di tempat duduk pasien dan menceritakan sedikit dongeng untuk anak kecil itu.

Kenan suka makan es krim tidak ? ” tanya isabella begitu melihat kenan mulai tenang “.

Suka ” jawab kenan dengan masih terisak “.

Hmmmm…kalau gitu kita sama, kakak juga suka eskrim loh yang rasa coklat ? Kalau kenan rasa apa?

Rasa coklat juga, jawab kenan mulai melupakan rasa sakitnya.

Gimana kalau kita beli es krim ? Mau ???

Mau … jawab kenan dengan cepat.

Tapi kakak boleh  lihat tidak gigi kecilnya  ? Coba buka mulutnya ……” bujuk isabella lembut  dan mengarahkan lampu sorot ke arah mulut nya sembari memberikan isyarat ke suster gigi untuk menyiapkan kapas dengan clorite ethil dan tang pencabut gigi.

wah…giginya lucu… seru isabella menempelkan kapas yg sudah di basahi clorite ethil ke gusi nya dan mencabut dengan cepat.

Selesai….

Sekarang kenan boleh gigit kapasnya selama 5 menit, sembari kakak cuci tangan yah, setelah itu kita beli ea krim….” pinta isabella  melepas sarung tangan dan membantu kenan bangun dari tempat tidur pasien.

Kenan hebat…..seru isabella  lagi  minta tos…

Itu siapa dok, kok semua panggil dia ibu ? Apa dia anak pemilik clinik ini ?  tanya gerald berbisik ke dokter neina sambil mengikuti langkah isabel dan kenan menuju kafe “.

Dia calon dokter gigi yang katanya akan wisuda novembr nanti, dia tinggal di amerika bersama keluarganya, ayah nya seorang dokter bedah, sedangkan ibu nya seorang desainer dan abangnya dokter bedah juga sama seperti ayah nya, dan clinik ini sengaja di bangun nenek nya untuk nya yang biasa dia panggil oppung, supaya dia betah tinggal di jakarta. Karna tak ada satu orang pung dari mereka yang mau tinggal di jakarta.

Mba, dok, semuanya … jangan ada satu orang pun yang kasih tau oppung yah kalau saya berkunjung kesini ” pinta isabel ”

Iya bu ” seru semua para dokter dan pegawai sembari mengantarkannya ke pintu depan, sementara gerald dan kenan juga ikut pergi” namun di perjalanan di dekat rumah,  kembali bunyi dering telp mengusiknya, sejenak gerald melirik ponselnya ” papi calling ”

Dengan berat hati gerald menekan tombol hijau, karna dia tau tiap kali papi telp malam-malam begini pasti ada sesuatu.

Gerald…anakku…” seru papi begitu telp di angkat ”

Yes dad…

Apa kamu sudah pulang ?

Sudah dad, baru aja nyampe…

Daddy boleh minta tolong nggak nak ?

Minta tolong apa dad, oh my God apa cuma aku orang yang kurang kerjaan??? Keluh gerald gerutu ke papi.

Emang siapa yang berani nyuruh anak papi yang ganteng ini ? ” tanya papi penasaran ”

Siapa lagi kalau bukan kak meira ??? Jawab gerald kesal.

Hahahahaha…. pasti soal kenan lagi nih ? Tebak papi tertawa puas.

Ya…” jawab gerald ketus ”

Papi Minta tolong buat hadir di acara ulang tahun pernikahan pak Jekson Simbolon yah nak pemilik Nagabe group itu loh, ingat kan nak ???

hadeh….daddy sorry, I cant go there ” jawab gerald merebahkan tubuhnya di samping kenan “.

Please… daddy minta tolong yah nak, daddy sama mommy mu masih ada acara ini, dan nggak memungkinkan kalau harus kesana lagi.

Apa semua orang sibuk ??? ” keluh gerald menarik nafas ”

yea…yea…yea…Ok daddy, I’ll go there….” jawab gerald pelan dengan sedikit kecewa.

terimakasih anak ku ” seru daddy sembari menutup telp ”

Sementara daddy merasa menang di seberang telah berhasil membujuk gerald ke pesta itu, padahal sebenarnya daddy dan mommy tidak benaran ada acara, cuma ini salah satu cara untuk mengenalkannya dengan cucu pak Jekson Simbolon seperti yang mereka rencanakan jauh sebelumnya.

Papi…apa menurutmu anak kita akan jatuh cinta sama isabella ? ” tanya mami agak sedikit kwatir ”

Kalau papi sih yakin mi, walaupun belum pernah bertemu isabella, tapi melihat fotonya saja sih dia gadis yang baik, sama seperti papi dan oppungnya juga baik, dia dibesarkan di keluarga yang sangat baik, dan papi senang jika Tuhan mengijinkan anak kita berjodoh dengan isabella ”

Mami sih berharap pi, tapi papi tau sendiri kan anak kita, susah jatuh cinta. Meira saja sudah lelah mengenalkan para cewek-cewek kepada nya.

Kalau untuk yang satu ini sih papi yakin, bahkan gerald pasti jatuh cinta begitu bertemu dengannya, papi nggak salah menjodohkannya kepada isabella.

Mudah-mudahan ya pi ” seru mami penuh harap “.

****

Sementara di tempat berbeda semua orang kelimpungan mencari isabella…

Mekel….adek mu dimana ???” Teriak papi memecahkan perbincangan mereka diantara para cucu laki-laki ”

Mekel nggak tau pi…” jawab mekel santai dan menyambung obrolan mereka kembali ”

Hei….cewek satu orang aja nggak bisa kalian jaga “bentak oppung marah ”

Ibel…dimana kamu ? ” bisik mekel di telp ”

Aq ada di depan bang “jawab isabelle melambaikan tangan dengan anggunnya “.

Ummmchach……hai oppung, kok mukanya marah begitu ” goda isabella sembari mencium pipi oppung boru dan oppung doli ”

Ada apa sih ?.kok tegang begitu ” tanya ku menatap bang mekel dan sepupu-sepupu yang lain bergantian ”

Habis dimarahin sama oppung tadi, dasar abang – abang nggak becus, jaga cucu oppung satu aja nggak bisa ” Gerutu oppung masih sedikit kesal.

Hehehehehe tadi isabelle jalan-jalan sebentar oppung, ” bujuk isabelle mengajak oppung turun ke bawah, menghampiri tamu-tamu yang sudah mulai berdatangan “.

Mami menghampiri begitu melihatku bersama oppung, ” kenapa pakai gaun ini ” bisik mami protes ”

Bagus kok mam ” jawab ku santai mengikuti langkah oppung ”

Inang, saya pinjam isabelle sebentar ya ” pinta mami dengan sangat hati-hati dan menarik tanganku dengan paksa ”

Baik, tapi jangan lama-lama, sebentar lagi acara akan dimulai ” seru oppung “.

Aduh sayang ku….kenapa sih pake gaun itu ? Mami kan sudah siapin kamu gaun, knp nggak dipakai ? Mami nggak mau tau, kamu harus ganti gaunnya sekarang ” desak mami begitu sampai di kamar “.

ok mom…” seru ku menurut “. Kalau soal mode, mami nggak akan pernah kalah debat, jadi percuma saja kalau aku mempertahankan seleraku sekarang “.

Mom, dipanggil oppung ” seru bang mekel  menggandeng tanganku menuruni anak tangga dari lantai 2 diikuti sorot lampu.

Teriamaksih untuk semua para kolega dan para staff yang meluangkan waktunya malam ini, hari inj saya ingin memperkenalkan anak-anak dan para cucu di keluarga besar kami ” seru oppung doli memperkenalkan semua anak dan cucu satu persatu, untuk pertama kalinya secara resmi “.

Dan yang paling istimewa hari ini saya ingin mengumumkan ahli waris tunggal nagabe group yaitu isabelle cucu perempuan satu – satunya di keluarga besar.

What ??? ” seruku kaget, melirik semua keluarga.

Its ok tuan putri seru para sepupuku dengan senyum bahagia, ternyata mereka telah membicarakan semuanya itu jauh-jauh hari tanpa sepengetahuan ku. Aku bersyukur punya keluarga yang tidak pernah meributkan soal warisan, karena oppung telah membekali semua itu jauh-jauh waktu lamanya.

Butet…ikut oppung ” pinta oppung menarik tanganku untuk menyapa setiap undangan yang datang, termasuk seseorang yang sudah tidak terlalu asing bagiku karena telah ketemu dengannya sebelumnya.

Kenalin ini Gerald anak Om Haris ” seru oppung memperkenalkanku kepada laki-laki itu dan meninggalkanku bersamanya.

Hei isabelle, dunia ini ternyata sempit yah, nggak nyangka bisa ketemu kamu lagi ” seru gerald memulai pembicaraan ”

Oh ia, bagaimana kabar kenan ? ” seru isabelle ramah ”

Kenan baik-baik saja, dia lagi tidur tadi aku tinggal di rumah bersama susternya. Oh ia by the way terimakasih ya, karna kamu sudah berhasil menaklukkan kenan ”

Nggak usah berterimakasih, itu sudah menjadi tugas saya sebagai seorang dokter gigi, kenan itu baik kok.

Tapi yang pasti aku salut sama kamu, cantik, pintar, baik hati dan tidak sombong, walaupun kamu punya semuanya.

Hehehehe hidup ini cuma sementara gerald, buat apa sombong ? Tak ada gunanya, hidup sederhana selalu diajarkan kepadaku sejak kecil ” seru isabelle tersenyum manja “.

Kamu juga kan sama, cowok ganteng, pintar dan baik hati ” puji isabelle menatap lembut ke arah gerald “.

Akhirnya sejak malam itu, gerald dan isabelle semakin dekat dan jalan bersama, termasuk ayah dan ibu nya gerald sering berkunjung ke rumah oppung.

Kini isabelle sah jadi dokter dan menetap di jakarta bersama oppung dengan semua kelimpahan yang diberikan oppung memperlakukannya bak putri raja.

Oppung telah  merencanakan semuanya dengan sangat sempurna sejak aku di lahirkan kedunia ini, bahkan tengang Gerald juga,  oppung dan om sudah merencanakannya sejak aku kecil.

Tapi bagaiman bisa ???

Yang pasti, aku senang atas semua kebahagiaan yang kumiliki sekarang, aku mencintai mereka. Walau terkadang kesal atas semua sikap mereka yang protektif kepada ku, aku mencintai bang mekel bodyguard terganteng dan abang  terbaik diseluruh dunia, aku mencintai semua sepupu ku yang lain, mereka turut ambil andil dalam kebahagiaan ku, mengenalkanku tempat-tempat seru, disetiap cerita hidupku selalu ada mereka, liburanku selalu sekitar mereka dan aku sangat menikmatinya. Dan untuk papi dan mami terbaik di dunia, malaikat yang dikirim Tuhan untuk mendidik dan menjaga ku dan mencitaiku begitu rupa, dan untuk oppung boru dan oppung doli terimakasih atas semua cinta dan kelimpahan yang diberikan kepadaku dan telah memilihkanku laki-laki terbaik di seluruh dunia, dan untuk Gerald, terimakasih telah mencintaiku tanpa syarat.

Ibadah Januari Minggu 4

20170119_173637GPI ST TANGERANG

IBADAH MINGGU 4 JANUARI 2017

ST. L HARIANJA

Matius 19:27-30 (TB)

Lalu Petrus menjawab dan berkata kepada Yesus: “Kami ini telah meninggalkan segala sesuatu dan mengikut Engkau; jadi apakah yang akan kami peroleh?”

Kata Yesus kepada mereka: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya pada waktu penciptaan kembali, apabila Anak Manusia bersemayam di takhta kemuliaan-Nya, kamu, yang telah mengikut Aku, akan duduk juga di atas dua belas takhta untuk menghakimi kedua belas suku Israel.

Dan setiap orang yang karena nama-Ku meninggalkan rumahnya, saudaranya laki-laki atau saudaranya perempuan, bapa atau ibunya, anak-anak atau ladangnya, akan menerima kembali seratus kali lipat dan akan memperoleh hidup yang kekal.

Tetapi banyak orang yang terdahulu akan menjadi yang terakhir, dan yang terakhir akan menjadi yang terdahulu.”

 

PDT. P SITORUS

1 Petrus 4:1-3 (TB)

” pergunakanlah waktu yang ada menurut kehendak Allah ”

Jadi, karena Kristus telah menderita penderitaan badani, kamu pun harus juga mempersenjatai dirimu dengan pikiran yang demikian, — karena barangsiapa telah menderita penderitaan badani, ia telah berhenti berbuat dosa —,

supaya waktu yang sisa jangan kamu pergunakan menurut keinginan manusia, tetapi menurut kehendak Allah.

Sebab telah cukup banyak waktu kamu pergunakan untuk melakukan kehendak orang-orang yang tidak mengenal Allah. Kamu telah hidup dalam rupa-rupa hawa nafsu, keinginan, kemabukan, pesta pora, perjamuan minum dan penyembahan berhala yang terlarang.

 

Pengkhotbah 3:1 (TB)

Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apa pun di bawah langit ada waktunya.

 

Efesus 5:16 (TB)

dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.

 

Mazmur 90:12 (TB)

Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana.

 

Note :

– dalam pemikiran kita harus ada konsep ķematian kristus itu.

– jangan pernah mengeluh bahwa Tuhan tidak menjawab doa kita.

– Harus taat

– pergunakan waktu yang sisa menurut kehendak Allah

– Setia dalam mengikut Tuhan

Y O U T U B E

20170103_083555Clowi…..teriak niken tiba-tiba, dengan suara yang menggema keseluruh ruangan dan mencuri perhatian semua orang yang sedang berada dalam ruang tamu yang sangat luas itu, memecah keheningan atas  sibuk dengan kegiatannya masing-masing. Ayah sedang asik ngobrol dengan ibu sedangkan  bang fery sibuk dengan project mixing lagu nya dan niken sendiri konsentrasi dengan segudang buku-buku yang setia menemaninya berselancar melalui jendela dunia itu.

Clowi….dari 3 jam yang lalu, kau sudah memutar lagu yang sama, kakak bosan mendengarnya, apa tidak ada lagu lain yang kamu tau selain itu ??? Kamu tau tidak….suara musik mu itu mengganggu konsentrasiku ” bentak niken sontak berdiri dengan kedua tangan bertumpu di pingganggya.

Ada apa sih ka ….” tegur ibu  tak kalah keras dengan suara niken, mungkin efek terkejut karena suara niken, sedangkan ayah  dan bang fery hanya membisu dan menatap tajam ke arah niken dengan segudang pertanyaan yang telah siap si lontarkannya, namun terhalang di bibir, takut kalau kalau niken bakal makin marah, karena ini  kali pertama niken begitu marahnya sama clowi,  adek kecil nya yang kini telah beranjak dewasa dan telah duduk di bangku kuliah semester 3.

Namun niken tak menjawab pertanyaan ibu, dia berlalu begitu saja masuk kamar dan membanting pintu dengan sangat keras.

Ada apa sih sayang ??? ” tanya ibu,  mencoba menenangkan clowi yang terlihat shock dan sangat ketakutan dengan kucuran air mata yang membasahi pipi mulusnya.

Yah begitulah clowi, cewek manja, cantik, pintar, imut dan kesayangan semua orang,  yang sangat sensitif dengan suara keras dan bentakan. Bisa-bisa dia menangis sampai esok hari jika di bentak, mungkin stok air matanya sangat banyak, hehehe…

Karena pertanyaan ibu juga tak kunjung mendapat jawaban, akhirnya ayah mendekat dan mencoba membujuk nya, putri kesayangan ayah,  ” seru ayah mencium lembut kepala clowi dan mendekat perlahan membawa clowi dalam pelukannya.

Putri kesayangan ayah kok bisa sesedih ini sih ? Diapain sama kaka ???

Kakak marah-marah karna clowi dengarin lagu dari youtube dengan lagu yang sama, ” seru clowi menjelaskan dengan masih terisak….

Anak ayah yang cantik, kata-kata ka Niken nggak usah dibawa ke hati yah, mungkin aja kakak kita itu lagi ada masalah di kuliahnya,  jadi sensitif, baru kali ini kan kakak semarah itu.

Setelah hampir setengah jam, akhirnya ayah berhasil  menenangkan clowi yang kini terlelap karena lelah menangis. Kini giliran ayah menenangkan niken dan menghampirinya di kamar.

Tok…tok…tok…niken sayang….boleh ayah masuk ??” Tanya ayah dengan sangat hati-hati ”

Masuk aja ayah, pintunya nggak di kunci ” seru niken menjawab dari dalam dengan masih nada kesal”.

Niken sayang…putri ayah yang paling baik…ayah tau kamu kesal, tapi kan bisa pelan ngomongnya sayang, kakak tau sendiri kan kalau clowi sangat sensitif dengan bentakan, bisa-bisa nangisnya sampai besok baru berhenti,  untung saja clowi sudah tertidur karena kelelahan menangis.

Coba deh kakak pikir….bukankah seharusnya kita senang karna clowi sudah menyukai kembali musik batak ???? Itu artinya clowi sudah melupakan sedikit trauma atas masa lalunya ???” Seru ayah menjelaskan dengan begitu lembut dan segera menyadarkan Niken dari kekesalannya. Dan kini Niken merasa bersalah.

Memang sih baru hari ini clowi kembali menyukai lagu batak setelah 2 tahun kepergian Fandy.

Clowi begitu benci dengan lagu batak, karena Fandy menemui ajalnya setelah selesai konser itu diakhiri di kota sibolga dengan sebuah tragedi kecelakaan. Clowi sangat benci lagu batak karena itu selalu mengingatkannya tentang kepergian fandy malam itu.

Fandy, seorang laki-laki tampan dan baik hati, yang telah menjalin kasih dengan clowi hampir 3 tahun. Clowi selalu dinyanyikan lagu batak saat mereka berduaan. Tentu saja, karena fandy adalah seorang artis batak.

Pertemuan yang tidak direncanakan sebelumnya, atau boleh dibilang itu pertemuan yang tidak disengaja, malam itu disaat kami pulang kamupung ke sibolga, dimana ada konser batak di lapangan bola pada malam pergantian tahun, dimana konser fandy dan kawan-kawannya berlangsung. Saat itulah clowi terpilih dari sekian banyak penonton untuk duet bersama fandy di panggung, awalnya sih clowi bersikeras menolaknya, namun berkat bujukan ku dan bang Fery, akhirnya Clowi pun naik panggung dan berduet dengan fandy. Perpaduan suara yang manis menurutku, karena adek kecilku punya suara yang begitu merdu, hanya saja dia itu orangnya pemalu.

Sejak malam itu lah hubungan fandy dan clowi dimulai, mereka terlihat sangat bahagia dan kerap menghabiskan waktu bersama setelah kembali ke jakarta, awalnya hanya teman biasa hingga kini jadi pacaran beneran. Oh my God adek kecilku sudah pacaran bahkan sebelum kakanya. Tapi tidak apa-apa, yang terpenting adalah kebahagiaanya.  Hingga tak terasa hubungan mereka pun memasuki tahun ketiga, namun takdir berkata lain, tragedi malam itu menghancurkan semuanya. Dan untuk pertama kalinya clowi membenci musik batak seiring kepergian fandy.

Tapi untuk pertama kalinya juga setelah tragedi malam itu clowi kembali menyukai musik batak yang ditontonnya di youtube, tapi kenapa saya malah menghancurkannya ??? Oh …tidak…tidak…Niken….ini tidak baik…” bisik niken dengan sangat kesal pada dirinya sendiri “.

Kakak….seru ayah menyadarkan Niken dari kenangan itu…

I..ia ayah…nanti Niken akan minta maaf sama clowi ” seru Niken dengan nada suara sedikit kecewa “.

Terimakasih sayangku, sudah mau mengerti ” seru ayah membawa Niken dalam pelukannya dan berlalu keluar dari kamar niken “.

*****

Dengan perlahan niken menyusup masuk ke kamar clowi, dengan penuh penyesalan, Niken mencium lembut pipi adek kecilnya itu. ” maafin kakak yah sayang….kakak nggak bermaksud buat kamu sedih…” bisik niken  mencium lembut pipi mulus adek kecilnya itu, yang tertidur pulas…

Adek kecilnya itu memang kesayangan semua orang, bagaimana tidak ???? Dia itu sangat manis, pintar dan baik hati, dia juga pemaaf.

keesokan paginya Niken mencoba meminta maaf ke clowi, dan niken pun berhasil.

Pagi adek ku…”sapa niken membangunkan clowi dari tidur nyenyaknya “.

Pagi kakak…”seru clowi menjawab, sepertinya dia telah melupakan kejadian tadi malam “.

Maafin kakak yah sayang, kakak nggak bermaksudnya begitu…”rengek ka Niken…

Ia kakak…nggak apa-apa…” seru clowi beranjak dari tempat tidur “.

Tapi sebabagai permintaan maaf kakak, hari ini apapun yang clowi minta, akan kakak turuti…

Serius ???” Tanya clowi memastikan “.

Tentu saja….” seru Niken mantap…”

Traktir  makan mie gomak yah ka…” pinta clowi manja “.

Tapi dimana kita bisa menemukan mie gomak ??? Minta ibu saja yang masak…” seru niken menyarankan “.

Di restoran Fandy….” jawab clowi datar….”

Entah kenapa kata-kata itu keluar begitu saja, mengingatkannya kembali pada kenangan masa lalu indah mereka.

Baiklah kalau begitu …” seru Niken…ikut masuk dalam mobil setelah pamit dari ayah dan ibu juga bang Fery “.

Memang mie gomak nggak dijual umum di direstoran itu, itu disajikan hanya untuk fandy dan clowi tiap datang ke restoran ini, kini restoran itu di kelola oleh ayah dan ibu nya fandy.

Kenangan itu yang semakin menguatkan niat clowi untuk datang kembali kesana, rasa rindu yang tak dapat dibendungnya, rindu akan nyanyiannya, senyuman manisnya, suaranya, pelukannya ahhh….Tuhan, sungguh aku merindukannya ” bisik clowi dalam hatinya dan berusaha untuk tidak menangis lagi tiap kali mengingat Fandy, sesungguhnya Fandy masih hidup dalam hatinya,

Tapi tak satupun yang berubah dari restoran ini, bisik Clowi memandang kesekeliling cafe begitu melangkah masuk, Foto mereka berdua, fandi dan clowi masih terpajang manis  di belakang meja reseptionis, yups…bahkan siapun yang melihat foto itu akan terkagum-kagum karena itu sungguh manis,

Clowi menatapnya begitu lama, sepertinya dia memutar kembali kenangan manisnya bersama fandy lewat foto itu, hingga tak terasa air matanya jatuh membasahi pipinya…”.

Clowi…sayang….” seru tante cindy menghampiri clowi yang sedang asik memandangi foto dirinya bersama Fandy  dan segera wanita itu memeluknya dengan begitu erat, begitu juga om Muji  ikut memeluk clowi…” sudah nang….clowi jangan sedih lagi yah…bujuk tante cindy  menghapus air mata clowi.

Diletakin mana bu makanannya ” tanya seorang waitress itu dengan makanan di kedua tangannya ”

Letakin di meja paling pojok itu yah mbak, ” pinta tante cindy mengancungkan tangan ke arah meja yang dimaksudkan, meja dengan pemandangan langsung ke kolam ikan dengan air mancur kecil di tengah-tengahnya, meja tempat dimana fandy dan clowi selalu duduk bersama jika datang ke cafe.

Mie gomak ??? ” seru clowi begitu mendekat ke meja yang berisi penuh makanan itu.

Ia…itu mie gomak !!!! Bagaimana tante tau ????

Fandy yang pesan ke tante, untuk selalu menyiapkan makanan itu saat clowi berkunjung kesini ” itu permintaan terakhir fandy…”

Air mata clowi kembali tumpah…..

Udah sayang….nggak usah di tangisi lagi, fandy sudah tenang di alam sana ” seru tante cindy mencoba menghibur “.

Kalau sedih terus ? Kapan kita akan menikmati mie gomak yang sangat lezat ini ??? Sungguh perut om sudah keroncongan…” seru om muji bercanda dan mengalihkan perhatian clowi “.

Ini lah salah satu alasan clowi tidak bisa move on dari fandy…yups….itu dia,  kebaikan tante cindy dan om muji yang memperlakukan clowi seperti putri mereka sendiri.

Huffff….

Sungguh waktu begitu cepat berlalu kala ngobrol bersama om dan tante, tapi bagaimanapun clowi harus pulang, karena malam telah beranjak larut…

Terimakasih yah  tante…om….” seru clowi pamit sembari memeluk tante cindy dan om muji bergantian.

Terimakasih atas semuanya ” ujarnya lagi berlalu pergi meninggalkan resto “.

***

Walaupun pernah diomelin kak niken karena memutar lagu yang sama selama 3 jam, namun semua itu tidak membuat clowi kapok, untung ayah telah memberikan pengertian kepada Niken.

Apa sih yang membuat clowi suka lagu itu ? Coba kakak lihat ” seru Niken mengarahkan laptop putih itu kearahnya “.

Hmmmm…menurut kakak sih biasa saja,  ” seru niken mengomentari penampilan penyanyi di video itu sembari terus mencari kelebihan dari penyanyi itu sehingga bisa menarik perhatian adik kecilnya.

Vocalisnya sih biasa aja kak, nggak ganteng-ganteng amat ” seru clowi ikut mengomentari “. Tapi entah kenapa, setiap kali melihatnya dan mendengarnya bernyanyi, aq merasakan kehadiran fandy, dia mirip banget sama fandy, apalagi saat dia menyanyikan lirik ” paboa ma tu au…paboa ma tua…” itu keren parah ” seru clowi antusias.

Ok, sekarang kakak bisa paham, tapi apa clowi sudah mencari tau tentang penyanyi nya ??? ” tanya ka niken menatap lembut  adik kecilnya itu yang masih tetap fokus ke video tadi.

Belom sih ka…” jawab clowi datar dengan tetap menatap ke laptop putih itu ”

Tapi kenapa ? ” tanya niken geram melihat adik kecilnya yang hanya ingin menikmati musiknya tanpa tau latar belakang penyanyi itu.

Aq hanya tidak ingin dia bernasib sama nanti dengan fandy ka….

Tapi itu tidak sama clowi, tapi kalau itu yang terbaik menurut clowi, ok kakak setuju ” ujar niken pasrah “.

***

Februari, bulan cinta, bulan dimana clowi dilahirkan ke dunia, tapi entah kenapa, kali ini ada yang berbeda, semua orang acuh akan hal itu, seakan tak ada yang mengingat akan ulang tahunnya. Bahkan pada jam 12.00 pun tak ada surprize, hingga pagi beranjak sore hal yang diharapkan pun tak kunjung  terjadi juga, kecuali sms singkat dari ayah yang mengajakku makan malam di hardrock cafe.

Baiklah, fix tidak ada hadiah ” bujuk clowi dalam hati nya.

Melangkah meninggalkan rumah menuju tempat yang dipilihkan ayah, dengan mengenakan gaun hijau tosca dan sepatu senada serta rambut hitam  panjangnya yang di biarkan terurai bebas.

Tapi ada sesuatu yang aneh, cafe sepi. Tidak ada ayah, ibu , kak niken dan bang fery.

Hufff …kebiasaan buruk nih datang telat tiap kali janjian ” gumam clowi dalam hatinya dan melangkah masuk ke dalam cafe,

Tapi apa yang terjadi ???

Tiba-tiba lampu mati…

Paboa ma tuau….paboa ma tuau… ” lantunan lagu favorit clowi di perdengarkan diikuti lampu menyala yang membuat clowi begitu kaget, ternyata semua orang yang disayangi nya ada disana, termasuk juga penyanyi yang selalu di kaguminya itu lewat youtube.

Happy birthday clowi…” teriak mereka serentak ”

Namun seperti biasa, clowi tak kuasa menahan tangis bahagianya, atas kehadiran semua yang disayanginya disana, termasuk juga om muji dan tante cindy.

Kenalin, ini Marko, adik fandy ” seru tante cindy memecah kebingungannya.

Hai clowi…happy birthday…” seru laki-laki itu mengulurkan tangannya ”

Tapi kok bisa ?? ” tanya clowi dengan masih bingung “.

Tiup  dulu lilinnya, nanti saya akan jelaskan semuanya ” pinta Marko mendekatkan kue tart berhiaskan lilin warna warni itu ke hadapan clowi.

Tapi fandy tidak pernah cerita kalau dia punya adik seganteng kamu ? ” goda clowi memecah keheningan diantara mereka ”

Dia sengaja tak menceritakannya, karna dia tau waktu tidak banyak. Tapi tentang clowi, dia ceritakan semuanya kepada ku.

Tapi kenapa ???

Karena dia mengidap kanker otak stadium 4…

Tapi dia kan meninggal bukan karena penyakit itu, tapi karena kecelakaan ” teriak clowi protes “.

Kecelakaan itu hanya lah sebuah pengalihan supaya kamu tak terlalu sedih kehilangan dia, tapi pada kenyataannya kamu begitu terpukul akan kehilangan fandy, itu diluar dugaan kami.

Fandy sudah memikirkan semua itu, dan dia menitipkan ini untuk kamu sebelum dia meninggal ” seru Marko menjelaskan dan menyodorkan sebuah kotak berukuran sedang dengan pita merah itu ke tangan clowi”.

 

Happy birthday sayang ku…

Wah….kamu pasti makin cantik dan dewasa sekarang…

Kamu masih ingat nggak dengan janji kita ???

tapi maaf yah sayang, aq tak bisa menemani kamu ke tempat itu.

Sebagai gantiku, ada marko yang akan menemani kamu kesana.

Semua yang diperlukan sudah ada di kotak ini yah sayang…

Selamat bersenang-senang…

I love you….

 

Begitulah isi surat yang ada di kotak itu, lengkap dengan passport, tiket, dan uang.

Air mata clowi kembali tumpah, dia tidak menyangka candaannya ditanggapi serius oleh fandy, waktu itu fandy pernah bertanya tentang hadiah yang di inginkannya di ulang tahun yang ke 20.

Sontak clowi menjawab ” jalan-jalan ke jepang “.

Tapi apa gunanya lagi jika itu tanpa mu ? ” bisik clowi dalam hatinya ”

Tapi jika ini memang mau mu, aq akan pergi, tapi bukan dengan marko. Biarlah aq pergi bersama bayangan mu…” bisik clowi lagi.

****

Dan benar saja, clowi nekad pergi sendiri tanpa marko.

Namun marko tetap mengikutinya secara diam-diam, karena itu adalah amanah dari almarhum  abangnya.

Namun terlepas dari fandi, sebenarnya clowi sudah sejak pertama menaruh simpati pada laki-laki berambut gondrong dan bertubuh atletis itu, entah karena mirip sama fandy ??? “Yang pasti clowi sendiri belum bisa memastikan perasaannya ”

Clowi….

Kamu kenapa sih keras kepala banget ” tegur marko ”

kamu mau nyasar lagi kayak kemari ??? ” tanya marko lagi mastikan dengan perasaan kwatir”.

kamu belum tau tempat ini, sudahlah ikut aq aja…” bujuk marko”

Aq janji akan membawamu kemanapun kamu ingin pergi ” seru marko lagi ”

Akhirnya clowi luluh juga dan mau ikut bersama marko ” lebih tepat nya jadi tour guide sementara khusus untuk clowi , karena jepang sudah merupakan rumah kedua untuk marko, karena dia kuliah di negara itu.

Tak terasa seminggu berlalu mereka bersama menikmati indahnya negri sakura itu, hingga melahirkan rasa nyaman yang bertumbuh di hati kedua nya.

Namun  di malam terakhir sebelum balik keindonesia, clowi membeku terbujur kaku dalam kedinginan, membuat marko panik bukan main. Selimut, baju hangat tidak mempan untuk menghangatkan tubuhnya, sehingha tidak ada pilihan lain kecuali menghangatkan tubuh clowi dengan suhu tubuhnya dengan cara memeluknya dan membawanya dalam dekapannya  dengan balutan selimut tebal, dan ternyata itu berhasil, berangsur-angsur suhu tubuh clowi meningkat hingga membuat keduanya tertidur pulas hingga keesokan hari nya.

Marko ….” teriak clowi begitu melihat laki-laki itu tidur  di sampingnya ”

Clowi, kamu sudah bangun ? Gimana keadaan kamu? Apa sudah baikan ? ” tanya marko begitu antusias dan bergegas bangun dari tempat tidur.

Memangnya saya kenapa ? Baik-baik aja tuh…

Kamu sendiri kenapa ikut tidur di ranjang ??? ” tanya clowi menjauh ”

Syukur lah klo kamu baik-baik saja, soalnya tadi malam itu suhu tubuh kamu benar- benar dingin dan itu membuatku panik, aq minta maaf yah soalnya tak ijin untuk memelukmu, karena tak ada pilihan lain lagi, karena selimut pun tak mempan untuk menghangatkan tubuhmu.

Serius ???

Terimakasih ya, kamu baik banget, seru clowi memeluk tubuh marko dengan sangat erat, membuat marko begitu bahagia dan terharu.

Sungguh reaksi clowi di luar dugaannya, dia berfikir bahwa clowi akan menamparnya karena telah memeluknya tanpa ijin.

Bang fandy benar, clowi adalah gadis yang sangat baik ” bisik marko dalam hatinya”

Clowi adalah gadis yang tau terimakasih, gadis yang lembut dan periang, serta rendah hati.

Tak sadar semua pujian itu keluar begitu saja dari dalam hatinya.

Apakah dia mencintai gadis cantik itu ? Yang tidak lain adalah pacar abang nya sendiri?

Marko bingung harus bagaimana sekarang, rasa cinta yang bergejolak di dalam dadanya membuatnya terlihat kaku dan canggung, tak seperti biasanya. Jantungnya berdegug kencang tiap kali berada di samping clowi, bibir nya kaku, seakan enggan mengeluarkan kata-kata, kecuali tetap menatap mesra clowi.

Setidaknya hanya itu yang bisa dilakukannya saat ini.

Apa aku salah mencintai pacar abang ku sendiri ” bisiknya dalam hati penuh dilema ”

Hei…marko….” teriak clowi menyadarkannya dari lamunan indah itu “.

ada apa sih ? Apa ada yang salah ? ” tanya clowi bingung ”

Nggak ada apa-apa sih, hanya kagum aja. Beruntung bangat yah fandy punya pacar sebaik dan secantik kamu ” jawab marko sedikit memberanikan diri “.

Oh soal itu, sebenarnya sih bukan fandy yang beruntung, tapi aku.

Aq sangat beruntung punya pacar sebaik fandy.

Nanti juga kamu akan bertemu dengan cewek yang baik, percayalah ” seru clowi sembari sibuk merapikan barang – barang yang akan di bawanya pulang ke indonesia “.

Tapi cewek itu adalah kamu clowi ” bisik marko dalam hati nya”

Marko hanya bisa mengaguminya dari jauh, setidaknya itu yang bisa di lakukannya saat ini.

Apa boleh saya bertanya sesuatu ? ” tanya marko dengan sangat hati-hati “.

Boleh ” jawab clowi singkat ”

Apa kamu masih cinta sama fandy ?

Ia…

Tapi kenapa ? Fandy kan sudah tiada…

Yah, kamu benar sekali, fandy memang sudah tiada, tapi dia tetap hidup dalam hati ku.

Sampai kapan ?

Sampai aku mati…

Apa itu artinya kamu akan tetap hidup sendiri ??

Tentu saja tidak, hidup ini harus berjalan terus marko, bukan berarti saya harus jadi perawan tua kan ???

Terus kenapa kamu belum punya pacar ?

Karena aku belum menemukan orang yang tepat seperti fandy

Tapi kenapa kamu tiba-tiba tanya seperti itu ?

Nggak ada apa-apa, cuma mau tanya saja…

Yakin cuma tanya ? ” seru clowi memastikan”

Sebenarnya sih tidak, kalau aku boleh jujur, aku telah jatuh cinta sama kamu bahkan sejak pertama fandy menunjukkan foto mu ke pada ku, dan dengan bangga memiliki pacar seperti mu, sungguh aq iri sama bang fandy.

Terus…sekarang kamu cinta sama aq ? Itu maksudnya ? ” tanya clowi tanpa basa-basi ”

Ia…” jawab marko mantap”

Aq juga suka sama kamu” seru clowi datar ”

Benarkah ???

Yup, itu benar sekali ” tapi bukan berarti cinta loh ya…” seru clowi lagi menegaskan ”

Tapi jika marko tidak keberatan, aq ingin mendengar kamu menyanyikan lagu itu lagi secara live, bisa ? ???

Tentu saja, asal itu bisa membuat clowi senang ” seru marko dengan senyum penuh cinta “. Memang… dia saat ini belum bisa meluluhkan hati gadis cantik itu, tapi paling tidak dia sudah berhasil menarik perhatian clowi lewat lagu nya. Itu membuat marko semakin bersemangat latihan untuk menampilkan yang terbaik.

****

Kini 2 bulan telah berlalu semenjak kepulangan mereka dari jepang.

Clowi sibuk dengan aktifitasnya dan begitu juga dengan marko.

Rasa suka yang pernah di lontarkan clowi sepertinya hanya omong kosong, buktinya saja clowi tak pernah merespon bbm ataupun telp dari marko.

Itu membuat marko semakin dilema, dia tak bisa membujuk hati nya untuk berhenti mencintai clowi. Semakin dia ingin melupakan clowi, semakin rindu itu menggebu dalam dadanya.

Clowi memang bukanlah gadis gampangan, dia termasuk orang yang sulit untuk jatuh cinta.

Apa itu artinya clowi tak mencintainya ???

Tidak…tidak…tidak…itu tidak benar ” bujuk marko dalam hati ya ”

Marko meminta dukungan dan restu dari ayah dan ibu clowi, begitu juga niken dan bang  fery.

Dan mereka semua mendukungnya.

Hi…clowi…adek ku yang paling cantik ” sapa bang fery mendekat dan memeluk clowi yang sedang berada di balkon atas.

Hi … bang fery sama kak niken mau kemana ? Kok sudah rapi begitu ? “Tanya clowi begitu melihat mereka mendekat”

Kita mau ke cafe, tapi clowi juga harus ikut yah ” bujuk bang fery ”

Aq nggak mau ikut ah, lagi malas….” seru clowi masuk ke dalam kamar nya ”

Ayolah adek ku ….” bujuk bang fandy setengah memohon “.

Dan seperti biasa, clowi luluh…

Baiklah…” seru clowi dengan sangat terpaksa, dan berjalanenuju kamar meninggalkan bang fery dan kak niken di balkon.

Tak selang berapa lama, akhirnya clowi muncul dengan gaun denim biru yang membuatnya terlihat cantik…

Ayo berangkat…” seru clowi mengajak bang fandy dan kak niken turun ke lantai bawah, tapi pada kenyataannya bukan hanya mereka saja yang ikut, ayah dan ibu juga ikutan.

Ayah sama ibu juga ikutan ??? Kok bisa ?? Sebenarnya ada acara apa sih ?? ” tanya clowi bingung “.

Hmmmm….maksudnya ayah sama ibu nggak boleh hangout lagi, gitu ??? Sudah tua gitu maksudnya ???

Bukan…bukan…bukan, bukan begitu maksudnya ayah ” seru clowi mencoba membujuk ayah yang pura-pura memasang muka kecewa.

Baiklah,kalau begitu kita pergi bersama ” ajak clowi melangkah menuju mobil, walau dalam hatinya masih menyimpan sejuta tanya “.

Sekitar 30 menit perjalanan, akhirnya mereka tiba di depan sebuah cafe yang belum pernah di kunjungi clowi sebelumnya.

Lewat sini pak, ” seru salah satu petugas keamanan memuntun mereka ke salah satu meja yang mengarah ke panggung yang tak terlalu besar itu “.

Apa ada penyanyi yang bagus hari ini ? ” bisiknya bertanya ke bang fery, yang duduk persis di sampingnya “.

Itu loh dek, band kesukaan kamu…

Siapa ???

Tuh orangnya ” seru bang fery mengarahkan pandangannya ke panghung kecil itu dan mendapati band nya untuk bernyanyi “.

 

Selamat malam semuanya…

Lagu ini khusus saya persembahkan untuk seseorang yang sangat istimewa dalam hidup saya, dia gadis yang sederhana, parasnya cantik, baik hati, senyumnya begitu manis, dan periang.

Clowi…lagu ini untuk mu ”

 

Cieeeee….so sweet banget…..” goda bang fery ”

Hmmmm….ternyata dia memepati janjinya untuk menyanyikan lagu itu secara live, dan clowi sangat senang untuk itu.

Dan seperti biasa, clowi tak mampu untuk menolak pria gondrong itu yang memintanya menjadi pacarnya bahkan calon istrinya katanya…

Hei….clowi itu masih kecil, belum bisa menikah ” bentak bang fery pura-pura marah ” diikuti cuitan dan tawa seluruh ruangan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ibadah Januari Minggu 3

20170101_091722-1-1GPI ST TANGERANG

IBADAH JANUARI  MINGGU 3

 

St. Aritonang

1 Petrus 5:7 (TB)

Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.

Pdt. J Panjaitan ( Ciledug )

” jangan lupakan segala kebaikan Tuhan ”

Mazmur 103:1-18 (TB)

Dari Daud. Pujilah TUHAN, hai jiwaku! Pujilah nama-Nya yang kudus, hai segenap batinku!

Pujilah TUHAN, hai jiwaku, dan janganlah lupakan segala kebaikan-Nya!

Dia yang mengampuni segala kesalahanmu, yang menyembuhkan segala penyakitmu,

Dia yang menebus hidupmu dari lobang kubur, yang memahkotai engkau dengan kasih setia dan rahmat,

Dia yang memuaskan hasratmu dengan kebaikan, sehingga masa mudamu menjadi baru seperti pada burung rajawali.

TUHAN menjalankan keadilan dan hukum bagi segala orang yang diperas.

Ia telah memperkenalkan jalan-jalan-Nya kepada Musa, perbuatan-perbuatan-Nya kepada orang Israel.

TUHAN adalah penyayang dan pengasih, panjang sabar dan berlimpah kasih setia.

Tidak selalu Ia menuntut, dan tidak untuk selama-lamanya Ia mendendam.

Tidak dilakukan-Nya kepada kita setimpal dengan dosa kita, dan tidak dibalas-Nya kepada kita setimpal dengan kesalahan kita,

tetapi setinggi langit di atas bumi, demikian besarnya kasih setia-Nya atas orang-orang yang takut akan Dia;

sejauh timur dari barat, demikian dijauhkan-Nya dari pada kita pelanggaran kita.

Seperti bapa sayang kepada anak-anaknya, demikian TUHAN sayang kepada orang-orang yang takut akan Dia.

Sebab Dia sendiri tahu apa kita, Dia ingat, bahwa kita ini debu.

Adapun manusia, hari-harinya seperti rumput, seperti bunga di padang demikianlah ia berbunga;

apabila angin melintasinya, maka tidak ada lagi ia, dan tempatnya tidak mengenalnya lagi.

Tetapi kasih setia TUHAN dari selama-lamanya sampai selama-lamanya atas orang-orang yang takut akan Dia, dan keadilan-Nya bagi anak cucu,

bagi orang-orang yang berpegang pada perjanjian-Nya dan yang ingat untuk melakukan titah-Nya.

 

1-5 ” kebaikan Tuhan secara pribadi ”

* karena Dia lah yang mengampuni segala kesalahan kita

Roma 4:7-8 (TB)

“Berbahagialah orang yang diampuni pelanggaran-pelanggarannya, dan yang ditutupi dosa-dosanya;

berbahagialah manusia yang kesalahannya tidak diperhitungkan Tuhan kepadanya.”

 

* Karena Dia yang menyembuhkan segala penyakit mu.

* Karena Dia lah yang menebus Hidup mu dari liang kubur

* karena Tuhan lah yang memuAskan jiwa kita dengan kebaikan Firman dan Roh Kudus.

Yohanes 7:37-39 (TB)

Dan pada hari terakhir, yaitu pada puncak perayaan itu, Yesus berdiri dan berseru: “Barangsiapa haus, baiklah ia datang kepada-Ku dan minum!

Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup.”

Yang dimaksudkan-Nya ialah Roh yang akan diterima oleh mereka yang percaya kepada-Nya; sebab Roh itu belum datang, karena Yesus belum dimuliakan.

 

6-14 ” kebaikan Tuhan kepada semua orang ”

* seperti Bapa sayang pada anaknya.

 

15-18 ” Kebaikan Tuhan tidak pernah berubah”

* jangan mudah berubah

Ibadah Awal Tahun

20170101_140800GPI PANGALOAN

IBADAH AWAL TAHUN 01 JANUARI 2017

ST. G SIAHAAN MEDAN

Pengkhotbah 5:1 (TB)  (4-17)

Jagalah langkahmu, kalau engkau berjalan ke rumah Allah! Menghampiri untuk mendengar adalah lebih baik dari pada mempersembahkan korban yang dilakukan oleh orang-orang bodoh, karena mereka tidak tahu, bahwa mereka berbuat jahat.

 

GR. LUMBAN RAJA

Perikop : Bahwa hari ini adalah jahat

Efesus 5:1-21 (TB)

Sebab itu jadilah penurut-penurut Allah, seperti anak-anak yang kekasih

dan hiduplah di dalam kasih, sebagaimana Kristus Yesus juga telah mengasihi kamu dan telah menyerahkan diri-Nya untuk kita sebagai persembahan dan korban yang harum bagi Allah.

Tetapi percabulan dan rupa-rupa kecemaran atau keserakahan disebut saja pun jangan di antara kamu, sebagaimana sepatutnya bagi orang-orang kudus.

Demikian juga perkataan yang kotor, yang kosong atau yang sembrono — karena hal-hal ini tidak pantas — tetapi sebaliknya ucapkanlah syukur.

Karena ingatlah ini baik-baik: tidak ada orang sundal, orang cemar atau orang serakah, artinya penyembah berhala, yang mendapat bagian di dalam Kerajaan Kristus dan Allah.

Janganlah kamu disesatkan orang dengan kata-kata yang hampa, karena hal-hal yang demikian mendatangkan murka Allah atas orang-orang durhaka.

Sebab itu janganlah kamu berkawan dengan mereka.

Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang,

karena terang hanya berbuahkan kebaikan dan keadilan dan kebenaran,

dan ujilah apa yang berkenan kepada Tuhan.

Janganlah turut mengambil bagian dalam perbuatan-perbuatan kegelapan yang tidak berbuahkan apa-apa, tetapi sebaliknya telanjangilah perbuatan-perbuatan itu.

Sebab menyebutkan saja pun apa yang dibuat oleh mereka di tempat-tempat yang tersembunyi telah memalukan.

Tetapi segala sesuatu yang sudah ditelanjangi oleh terang itu menjadi nampak, sebab semua yang nampak adalah terang.

Itulah sebabnya dikatakan: “Bangunlah, hai kamu yang tidur dan bangkitlah dari antara orang mati dan Kristus akan bercahaya atas kamu.”

Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif,

dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.

Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan.

Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh,

dan berkata-katalah seorang kepada yang lain dalam mazmur, kidung puji-pujian dan nyanyian rohani. Bernyanyi dan bersoraklah bagi Tuhan dengan segenap hati.

Ucaplah syukur senantiasa atas segala sesuatu dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus kepada Allah dan Bapa kita

dan rendahkanlah dirimu seorang kepada yang lain di dalam takut akan Kristus.

 

Note :

– perhatikan lah bagaimana kamu hidup

 

GR. D RUMAPEA

Lukas 15:11-22 (TB)

Yesus berkata lagi: “Ada seorang mempunyai dua anak laki-laki.

Kata yang bungsu kepada ayahnya: Bapa, berikanlah kepadaku bagian harta milik kita yang menjadi hakku. Lalu ayahnya membagi-bagikan harta kekayaan itu di antara mereka.

Beberapa hari kemudian anak bungsu itu menjual seluruh bagiannya itu lalu pergi ke negeri yang jauh. Di sana ia memboroskan harta miliknya itu dengan hidup berfoya-foya.

Setelah dihabiskannya semuanya, timbullah bencana kelaparan di dalam negeri itu dan ia pun mulai melarat.

Lalu ia pergi dan bekerja pada seorang majikan di negeri itu. Orang itu menyuruhnya ke ladang untuk menjaga babinya.

Lalu ia ingin mengisi perutnya dengan ampas yang menjadi makanan babi itu, tetapi tidak seorang pun yang memberikannya kepadanya.

Lalu ia menyadari keadaannya, katanya: Betapa banyaknya orang upahan bapaku yang berlimpah-limpah makanannya, tetapi aku di sini mati kelaparan.

Aku akan bangkit dan pergi kepada bapaku dan berkata kepadanya: Bapa, aku telah berdosa terhadap sorga dan terhadap bapa,

aku tidak layak lagi disebutkan anak bapa; jadikanlah aku sebagai salah seorang upahan bapa.

Maka bangkitlah ia dan pergi kepada bapanya. Ketika ia masih jauh, ayahnya telah melihatnya, lalu tergeraklah hatinya oleh belas kasihan. Ayahnya itu berlari mendapatkan dia lalu merangkul dan mencium dia.

Kata anak itu kepadanya: Bapa, aku telah berdosa terhadap sorga dan terhadap bapa, aku tidak layak lagi disebutkan anak bapa.

Tetapi ayah itu berkata kepada hamba-hambanya: Lekaslah bawa ke mari jubah yang terbaik, pakaikanlah itu kepadanya dan kenakanlah cincin pada jarinya dan sepatu pada kakinya.

Matius 12:41 (TB)

Pada waktu penghakiman, orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan menghukumnya juga. Sebab orang-orang Niniwe itu bertobat setelah mendengar pemberitaan Yunus, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus!

 

Note :

– harus berubah dan mengakui kesalahan

– Rendahkan diri di hadapan Tuhan

– Kalahkan / buang segala ego diri sendiri

 

GR. ….

2 Korintus 4:16-18 (TB)

Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari.

Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini, mengerjakan bagi kami kemuliaan kekal yang melebihi segala-galanya, jauh lebih besar dari pada penderitaan kami.

Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan, karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal.

 

PDT. D LUMBAN RAJA

Kejadian 24:17-21 (TB)

Kemudian berlarilah hamba itu mendapatkannya serta berkata: “Tolong beri aku minum air sedikit dari buyungmu itu.”

Jawabnya: “Minumlah, tuan,” maka segeralah diturunkannya buyungnya itu ke tangannya, serta diberinya dia minum.

Setelah ia selesai memberi hamba itu minum, berkatalah ia: “Baiklah untuk unta-untamu juga kutimba air, sampai semuanya puas minum.”

Kemudian segeralah dituangnya air yang di buyungnya itu ke dalam palungan, lalu berlarilah ia sekali lagi ke sumur untuk menimba air dan ditimbanyalah untuk semua unta orang itu.

Dan orang itu mengamat-amatinya dengan berdiam diri untuk mengetahui apakah TUHAN membuat perjalanannya berhasil atau tidak.

IBadah akhir tahun

20170101_092125-1.jpgGPI PANGALOAN

IBADAH AKHIR TAHUN 31 DESEMBER 2016

PDT. PARHUSIP PADEPAHAN

Yesaya 43:4 (TB)

Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau, maka Aku memberikan manusia sebagai gantimu, dan bangsa-bangsa sebagai ganti nyawamu.

PDT. D LUMBAN RAJA

Roma 12:2 (TB)

Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Ibadah Januari Minggu 2

IMG_20161225_111541_573.jpgGPI ST TANGERANG

IBADAH JANUARI 2017  MINGGU ke II

ST. R PANJAITAN

Habakuk 1:2 (TB)

Berapa lama lagi, TUHAN, aku berteriak, tetapi tidak Kaudengar, aku berseru kepada-Mu: “Penindasan!” tetapi tidak Kautolong?

Mazmur 31:11 (TB)  (31-12)

Di hadapan semua lawanku aku tercela, menakutkan bagi tetangga-tetanggaku, dan menjadi kekejutan bagi kenalan-kenalanku; mereka yang melihat aku di jalan lari dari padaku.

 

Note :

– Berayukur selalu atas penyertaan Tujan

– Jangan pernah mengeluh karena Tuhan yang memelihara hidup kita dan apaapun yang terjadi pada hidup kita tidak pernah melebihi kekuatan kita.

– Jadilah orang yang setia, sebab firman Tuhan di mazmur mengatakan ” Tuhan selalu menjagai orang-orang yang setia”

 

GR Y SITORUS

Bilangan 14:24 (TB)

Tetapi hamba-Ku Kaleb, karena lain jiwa yang ada padanya dan ia mengikut Aku dengan sepenuhnya, akan Kubawa masuk ke negeri yang telah dimasukinya itu, dan keturunannya akan memilikinya.

 

Note :

– Orang yang di dalam Tuhan dapat melihat peluang tanpa melihat keadaannya dan tantangannya terlebih dahulu dan selalu berfikir positif.

Bilangan 13:32 (TB)

Juga mereka menyampaikan kepada orang Israel kabar busuk tentang negeri yang diintai mereka, dengan berkata: “Negeri yang telah kami lalui untuk diintai adalah suatu negeri yang memakan penduduknya, dan semua orang yang kami lihat di sana adalah orang-orang yang tinggi-tinggi perawakannya.

Bilangan 13:27 (TB)

Mereka menceritakan kepadanya: “Kami sudah masuk ke negeri, ke mana kausuruh kami, dan memang negeri itu berlimpah-limpah susu dan madunya, dan inilah hasilnya.

 

– Memandang, percaya dan yakin bahwa Tuhan mampu menolong.

Bilangan 13:31 (TB)

Tetapi orang-orang yang pergi ke sana bersama-sama dengan dia berkata: “Kita tidak dapat maju menyerang bangsa itu, karena mereka lebih kuat dari pada kita.”

2 Raja-raja 6:17 (TB)

Lalu berdoalah Elisa: “Ya TUHAN: Bukalah kiranya matanya, supaya ia melihat.” Maka TUHAN membuka mata bujang itu, sehingga ia melihat. Tampaklah gunung itu penuh dengan kuda dan kereta berapi sekeliling Elisa.

 

– Membawa ketenangan bagi dirinya dan bagi lingkungan sekitar nya.

Bilangan 14:2 (TB)

Bersungut-sungutlah semua orang Israel kepada Musa dan Harun; dan segenap umat itu berkata kepada mereka: “Ah, sekiranya kami mati di tanah Mesir, atau di padang gurun ini!

Bilangan 13:30 (TB)

Kemudian Kaleb mencoba menenteramkan hati bangsa itu di hadapan Musa, katanya: “Tidak! Kita akan maju dan menduduki negeri itu, sebab kita pasti akan mengalahkannya!”

Mazmur 19:14 (TB)  (19-15)

Mudah-mudahan Engkau berkenan akan ucapan mulutku dan renungan hatiku, ya TUHAN, gunung batuku dan penebusku.

 

– Mengenal dan percaya kepada Allah sepenuhnya tanpa mementingkan dirinya sendiri.

Bilangan 14:24 (TB)

Tetapi hamba-Ku Kaleb, karena lain jiwa yang ada padanya dan ia mengikut Aku dengan sepenuhnya, akan Kubawa masuk ke negeri yang telah dimasukinya itu, dan keturunannya akan memilikinya.

Keluaran 33:13 (TB)

Maka sekarang, jika aku kiranya mendapat kasih karunia di hadapan-Mu, beritahukanlah kiranya jalan-Mu kepadaku, sehingga aku mengenal Engkau, supaya aku tetap mendapat kasih karunia di hadapan-Mu. Ingatlah, bahwa bangsa ini umat-Mu.”

Filipi 2:3 (TB)

dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri;

– Mengingat dan memegang teguh janji Allah

Yosua 14:10 (TB)

Jadi sekarang, sesungguhnya TUHAN telah memelihara hidupku, seperti yang dijanjikan-Nya. Kini sudah empat puluh lima tahun lamanya, sejak diucapkan TUHAN firman itu kepada Musa, dan selama itu orang Israel mengembara di padang gurun. Jadi sekarang, telah berumur delapan puluh lima tahun aku hari ini;

Yosua 14:11-12 (TB)

pada waktu ini aku masih sama kuat seperti pada waktu aku disuruh Musa; seperti kekuatanku pada waktu itu demikianlah kekuatanku sekarang untuk berperang dan untuk keluar masuk.

Oleh sebab itu, berikanlah kepadaku pegunungan, yang dijanjikan TUHAN pada waktu itu, sebab engkau sendiri mendengar pada waktu itu, bahwa di sana ada orang Enak dengan kota kota yang besar dan berkubu. Mungkin TUHAN menyertai aku, sehingga aku menghalau mereka, seperti yang difirmankan TUHAN.”