DOKTER GIGI

Screenshot_2017-06-21-15-17-54-1.pngNama ku isabella, papi dan mami biasa memanggilku  Sasa, setidaknya itu nama yang manis, dari pada panggilan oppung untukku, panggilan khas untuk anak perempuan orang batak ” butet ” begitu katanya. Tapi kalau abang Mekkel biasa memanggilku Ibel….

Walau aku selalu protes tiap kali oppung memanggilku dengan sebutan itu, tapi oppung tetap tidak berubah pikiran, sama seperti ku keras kepala ” begitu kata papi”.

Oppung jangan lah kau panggil aku butet, jelek kali pun aku dengar nya, sasa kan bukan

orang kampung oppung, sudah warga negara amerika nya  aku oppung ” protes ku

menirukan logat oppung ”

Bah….maccam mananya kau butet, walaupun kau sudah tinggal di amerika, tapi kau

tetaplah orang batak, jangan lupa kan itu. Oppung saja sudah keliling dunia, tapi oppung

Tetap lah orang batak, oppung tidak pernah lupa itu.

Sasa, tau nya itu oppung, tapi malu lah sama teman-teman ku oppung.

Hei amani  mekkel ” panggilan oppung untuk papi ku ” kau ajari lah boru mu ini, jangan jadi batak dalle nanti dia. Jangan seperti abang nya si Mekkel itu, tidak tau bahasa batak, kecewa kali pun mama ” protes oppung ke papi ku dengan logat khas kebatakannya “.

Ia mama, nanti saya  ajarin pun.

Sasa…listen to papi carefully ” you must remember, when grandmom or grandpa is here, please answer when they call you “butet”, understand ?….

Yes papi….

Good, itu baru boru nya papi…

Hmmm…..sepertinya memang aku tak bisa memilih dan menentukan dengan sebutan apakah aku dipanggil, karena mereka semua memanggilku sesuka  hati mereka sendiri.

Tapi benar juga kata oppung, kemanapun aku pergi, predikat batak tetap lah melekat di dalam diriku, dan takkan pernah bisa di hilangkan sampai kapan pun. Walau aku lahir dan besar di amerika.

Dan yang paling membuat ku gelisah sekarang ini adalah, aku harus pulang dan menetap di jakarta, itu yang selalu di tekankan oleh oppung sejak aku kecil, aku tidak boleh nikah dengan orang luar, tapi harus nikah sama orang batak kata oppung, maklum lah  karena hanya aku cucu perempuan di keluarga besar kami dan diharapankan  tinggal di jakarta, sementara sepupu-sepupu ku yang ada di jepang dan di paris, mereka tidak tertarik pulang kampung, meskipun di iming-imingi harta yang berlimpah, yah tentu saja sih, karena ayah dan ibu mereka juga kaya raya, tapi  bagaimana bisa aku tinggal tetap di jakarta ??? Aq telah terbiasa di Amerika, semua teman-teman ku ada disini, sementara dijakarta ???? Aq hanya kenal oppung saja. Maklum karena kami hanya pulang 2 kali dalam setahun, saat ulang tahun pernikahan oppung dan hari natal, itu pun paling lama 3 hari.

Kalau bang Mekkel disuruh pulang kampung ke jakarta, tentu saja dia tidak mau, hidup dan karirnya sudah disini, di amerika, dia jadi dokter bedah syaraf terkenal  seperti papi, hmmmm…sementara papi dan mami juga begitu, mereka hanya ingin balik ke indonesia kala pensiun nanti, itu pun rencananya bukan di jakarta, tapi di bali.

Huffffff……

Haruskah aku yang mengalah ? ” keluhku dalam hati ”

****

seperti tahun-tahun sebelumnya tiap  awal juni kami pulang kampung ke jakarta untuk merayakan ulang tahun pernikahan oppung, begitu juga Pagi ini rencananya aku, bang Mekkel, papi dan mami akan terbang ke jakarta, menghadiri ulang tahun pernikahan oppung yang ke 50, begitu juga uda yang ada di jepang dan di paris beserta semua anak mereka. Karena ulang tahun pernikahan oppung kali ini dirayakan dengan sangat meriah beserta seluruh jajaran staff dan karyawan beserta para kolega bisnis oppung.

Papi, mami….bujukin oppung dong please…sasa nggak mau tinggal di jakarta  pi, macet…

susah sayang ku, oppung tidak akan mendengarkan papi, apalagi mami mu, gimana kalau

sasa sendiri aja yang bujuk oppung, mungkin itu lebih mujarab…

Papi tau sendiri kan, kalau sasa tidak pernah bisa nolak permintaan oppung. Papi nggak sayang yah sama sasa ??? Atau papi nggak ingin sasa tetap di amerika ???

Hmmmm….boru papi yang paling cantik, papi sayangbbanget sama kamu, tapi apa kata oppung itu ada benarnya juga, sudah lama oppung menunggu kamu dewasa, lagian kan  sebentar lagi kan kamu akan sah nih  jadi dokter  gigi, jadi papi pikir, itu bagus untuk mu, lagian nih yah…oppung sudah bangun clinik gigi di  jakarta khusus buat sasa, papi yakin deh kalau sasa pasti suka design  nya, coba lihat nih. ” seru papi menunjukkan gambar clinik itu ke arah ku yang ada di tab nya papi.

waw…keren parah pi, ini tampak bukan seperti klinik, tapi ini lebih seperti hotel bintang lima, Tapi pi….sasa kan nggak punya teman di jakarta, sasa belum tau jalan disana juga.

Tentu saja oppung mendesign nya sempurna, oppung sudah memikirkan semuanya, klinik ini

diperuntukkan untuk kalangan atas, para artis dan sosialita lainnya,  Kalau soal teman dan

yang lainnya itu mah gampang boru, supir oppung kan ada dan siap antar sasa kemanapun

sasa pergi, dan kalau soal teman sih, karyawan oppung banyak tuh disana.

Tapi itu beda papi…” protes ku sepanjang perjalanan ke bandara “.

Hadeh….Pahompu kesayangan oppung nih banyak maunya, manja…..

” seru bang Mekkel nyeletuk begitu saja tanpa di minta, menyulurkan lidahnya mengejekku ”

Menjengkelkan ” gerutuku dalam hati.

Tapi ejekannya sengaja ku abaikan, karena jika aq membalasnya, sepanjang penerbangan akan berubah jadi debat terbuka antara abang dan adek. Dan itu yang selalu ku rindukan darinya. Di rumah sakit dia boleh serius, tapi saat dirumah dia benar-benar berbeda, suka bercanda dan jadi teman yang baik untukku. Dan hal itu yang akan aku rindukan nanti saat aq menetap tinggal di jakarta.

Hufff…..

****

Setelah beberapa jam penerbangan, akhirnya tiba di kampung halaman nya papi dan mami, kota metropolitan katanya, ibu kota jakarta. Mobil fortuner putih oppung  sudah siap membawa kami pulang ke rumah dengan aman, tapi….Macet adalah salah satu sahabat yang selalu mampu membuat emosi memuncak.

Setelah 2 jam bergulat dengan kemacetan, akhirnya tiba juga di rumah oppung, istana bernuansa eropa dengan sedikit sentuhan batak, agak sedikit tak matching menurut ku, tapi oppung tetap memaksakan seleranya.

Di istana ini lah tempat ayah ku di besarkan dan di didik hingga  bisa menjadi ayah terbaik untukku seperti sekarang ini, ayah yang juga sahabat untukku, sekaligus menjadi mentor untukku, bersamanya semua hari tersulit di hidup ku menjadi mudah. Bersamanya aku bisa ngobrol banyak hal, baik itu tentang kuliah, tentang teman-teman ku, tentang bintang film hingga politik ataupun soal gaya, karena sedikit banyak mami menularkan ilmu fashion nya ke papi.

sementara mami di besarkan di tempat berbeda, tepatnya di kota bekasi harapan indah,  di tengah keluarga pecinta fashion yang memiliki pabrik tekstil di kerawang.

****

Mohon maaf pak, ada telp untuk anda ” seru Dewi memasuki ruangan Gerald begitu di persilahkan masuk ”

Bilang saja kalau saya sedang ada meeting ” pinta Gerald menyuruhnya keluar ”

Tapi pak, ini dari kakak anda, katanya penting.

Ok baiklah, sambungkan ke saya ” seru gerald melunak begitu kakaknya di sebut.

Gerald, nanti pulang kantor tolong jemput kenan sama susternya di dokter gigi yah ” pintanya tanpa basa-basi.

Tapi aku masih ada meeting ka, mungkin aku akan telat pulang kantor nanti ” keluh gerald memberi alasan ” kan ada supir ” tambah gerald lagi “.

Please, bantuin kakak yah, supir nya kenan lagi pulang kampung, sementara aku dan abang mu masih di singapure ini, besok pagi baru balik…please….cuma kamu harapan kakak satu-satunya ” seru Meira setengah memohon “.

Terus pekerjaan gue, apa kabar nya ???

Ayolah….kamu kan bos nya disana, kali ini serahin ke mereka aja dulu, jangan pikirkan pekerjaan terus, kapan dapat jodohnya kalau pekerjaan terus yang di pikirkan ” seru Meira menggoda “.

Ia…ia…saya jemput ” seru gerald memotong, karna dia tidak tahan di ceramahi terus soal jodoh “.

Nah itu baru namanya adek yang baik, hitung-hitung ketemu dokter cantik disana ” goda meira lagi ”

Cantik dari mana ? Semua dokter gigi disana kan tua-tua semua, hadeh….” keluh gerald ”

Bukan di tempat biasa dek, kenan sudah pindah, soalnya kakak dapat rekomendasi dari teman, katanya di clinik baru  itu dokter-dokternya cantik-cantik dan baik sama anak-anak, kakak berharap sih mereka bisa membujuk kenan, kamu tau sendiri kan keponakan kamu tuh takut sama dokter gigi.

PR lagi nih sepertinya, ” tebak gerald spontan “.

Hahahahahha….untuk itu kakak minta tolong sama kamu, buat ikut bujukin kenan nanti, karna kalau cuma sama suster nya dia tidak akan nurut.

Ok baiklah, aku berangkat sekarang ” seru gerald pamit “.

Terimakasih adek ku ” seru meira mematikan telpon dari seberang “.

****

Sore….mbak…” sapa gerald ke reseptionist depan ” kenan di ruangan mana mba ?

Mari pak saya antar “seru salah seorang reseptionist menuntun gerald menyusuri lorong kaca transparant hingga akhirnya sampai disalah satu ruangan “. Dimana gerald menangis histeris, antara takut alat dokter dan rasa sakit yang di rasakannya.

Sore bu……sapa para karyawan yang ada di clinik itu begitu melihat seorang gadis berparas cantik, tinggi semampai dengan gaun hijau tosca, sederhana namun elegant. Yup…dia Isabella, dia iseng-iseng berkunjung sebentar sebelum acara ulang tahun pernikahan oppung di mulai, tanpa supir dan tanpa pengawal. Dia hanya penasaran bagaimana wujud clinik yang di design oppung untuknya. Dan ternyata semua sesuai ekspektasi issabella, cozy dan santai, ada ruang bermain untuk anak-anak dan ada cafe juga.

Tapi suatu tangisan mengusiknya…..

Suara apa itu ? ” tanya isabelle ???

Itu pasien dokter Neina bu, sudah hampir setengah  jam tapi tak juga berhasil membujuknya.

Kok bisa ??? Keluh isabel menghampiri masuk ruangan.

Sontak dokter neina berdiri menyapa begitu melihat isabel masuk.

Namun isabel memilih mengabaikannya dan langsung menghampiri kenan….

Hai…anak manis….kenapa menangis ? Nanti gantengnya bisa hilang loh, seru isabel mengelus lembut pipi kenan yang berbaring di tempat duduk pasien dan menceritakan sedikit dongeng untuk anak kecil itu.

Kenan suka makan es krim tidak ? ” tanya isabella begitu melihat kenan mulai tenang “.

Suka ” jawab kenan dengan masih terisak “.

Hmmmm…kalau gitu kita sama, kakak juga suka eskrim loh yang rasa coklat ? Kalau kenan rasa apa?

Rasa coklat juga, jawab kenan mulai melupakan rasa sakitnya.

Gimana kalau kita beli es krim ? Mau ???

Mau … jawab kenan dengan cepat.

Tapi kakak boleh  lihat tidak gigi kecilnya  ? Coba buka mulutnya ……” bujuk isabella lembut  dan mengarahkan lampu sorot ke arah mulut nya sembari memberikan isyarat ke suster gigi untuk menyiapkan kapas dengan clorite ethil dan tang pencabut gigi.

wah…giginya lucu… seru isabella menempelkan kapas yg sudah di basahi clorite ethil ke gusi nya dan mencabut dengan cepat.

Selesai….

Sekarang kenan boleh gigit kapasnya selama 5 menit, sembari kakak cuci tangan yah, setelah itu kita beli ea krim….” pinta isabella  melepas sarung tangan dan membantu kenan bangun dari tempat tidur pasien.

Kenan hebat…..seru isabella  lagi  minta tos…

Itu siapa dok, kok semua panggil dia ibu ? Apa dia anak pemilik clinik ini ?  tanya gerald berbisik ke dokter neina sambil mengikuti langkah isabel dan kenan menuju kafe “.

Dia calon dokter gigi yang katanya akan wisuda novembr nanti, dia tinggal di amerika bersama keluarganya, ayah nya seorang dokter bedah, sedangkan ibu nya seorang desainer dan abangnya dokter bedah juga sama seperti ayah nya, dan clinik ini sengaja di bangun nenek nya untuk nya yang biasa dia panggil oppung, supaya dia betah tinggal di jakarta. Karna tak ada satu orang pung dari mereka yang mau tinggal di jakarta.

Mba, dok, semuanya … jangan ada satu orang pun yang kasih tau oppung yah kalau saya berkunjung kesini ” pinta isabel ”

Iya bu ” seru semua para dokter dan pegawai sembari mengantarkannya ke pintu depan, sementara gerald dan kenan juga ikut pergi” namun di perjalanan di dekat rumah,  kembali bunyi dering telp mengusiknya, sejenak gerald melirik ponselnya ” papi calling ”

Dengan berat hati gerald menekan tombol hijau, karna dia tau tiap kali papi telp malam-malam begini pasti ada sesuatu.

Gerald…anakku…” seru papi begitu telp di angkat ”

Yes dad…

Apa kamu sudah pulang ?

Sudah dad, baru aja nyampe…

Daddy boleh minta tolong nggak nak ?

Minta tolong apa dad, oh my God apa cuma aku orang yang kurang kerjaan??? Keluh gerald gerutu ke papi.

Emang siapa yang berani nyuruh anak papi yang ganteng ini ? ” tanya papi penasaran ”

Siapa lagi kalau bukan kak meira ??? Jawab gerald kesal.

Hahahahaha…. pasti soal kenan lagi nih ? Tebak papi tertawa puas.

Ya…” jawab gerald ketus ”

Papi Minta tolong buat hadir di acara ulang tahun pernikahan pak Jekson Simbolon yah nak pemilik Nagabe group itu loh, ingat kan nak ???

hadeh….daddy sorry, I cant go there ” jawab gerald merebahkan tubuhnya di samping kenan “.

Please… daddy minta tolong yah nak, daddy sama mommy mu masih ada acara ini, dan nggak memungkinkan kalau harus kesana lagi.

Apa semua orang sibuk ??? ” keluh gerald menarik nafas ”

yea…yea…yea…Ok daddy, I’ll go there….” jawab gerald pelan dengan sedikit kecewa.

terimakasih anak ku ” seru daddy sembari menutup telp ”

Sementara daddy merasa menang di seberang telah berhasil membujuk gerald ke pesta itu, padahal sebenarnya daddy dan mommy tidak benaran ada acara, cuma ini salah satu cara untuk mengenalkannya dengan cucu pak Jekson Simbolon seperti yang mereka rencanakan jauh sebelumnya.

Papi…apa menurutmu anak kita akan jatuh cinta sama isabella ? ” tanya mami agak sedikit kwatir ”

Kalau papi sih yakin mi, walaupun belum pernah bertemu isabella, tapi melihat fotonya saja sih dia gadis yang baik, sama seperti papi dan oppungnya juga baik, dia dibesarkan di keluarga yang sangat baik, dan papi senang jika Tuhan mengijinkan anak kita berjodoh dengan isabella ”

Mami sih berharap pi, tapi papi tau sendiri kan anak kita, susah jatuh cinta. Meira saja sudah lelah mengenalkan para cewek-cewek kepada nya.

Kalau untuk yang satu ini sih papi yakin, bahkan gerald pasti jatuh cinta begitu bertemu dengannya, papi nggak salah menjodohkannya kepada isabella.

Mudah-mudahan ya pi ” seru mami penuh harap “.

****

Sementara di tempat berbeda semua orang kelimpungan mencari isabella…

Mekel….adek mu dimana ???” Teriak papi memecahkan perbincangan mereka diantara para cucu laki-laki ”

Mekel nggak tau pi…” jawab mekel santai dan menyambung obrolan mereka kembali ”

Hei….cewek satu orang aja nggak bisa kalian jaga “bentak oppung marah ”

Ibel…dimana kamu ? ” bisik mekel di telp ”

Aq ada di depan bang “jawab isabelle melambaikan tangan dengan anggunnya “.

Ummmchach……hai oppung, kok mukanya marah begitu ” goda isabella sembari mencium pipi oppung boru dan oppung doli ”

Ada apa sih ?.kok tegang begitu ” tanya ku menatap bang mekel dan sepupu-sepupu yang lain bergantian ”

Habis dimarahin sama oppung tadi, dasar abang – abang nggak becus, jaga cucu oppung satu aja nggak bisa ” Gerutu oppung masih sedikit kesal.

Hehehehehe tadi isabelle jalan-jalan sebentar oppung, ” bujuk isabelle mengajak oppung turun ke bawah, menghampiri tamu-tamu yang sudah mulai berdatangan “.

Mami menghampiri begitu melihatku bersama oppung, ” kenapa pakai gaun ini ” bisik mami protes ”

Bagus kok mam ” jawab ku santai mengikuti langkah oppung ”

Inang, saya pinjam isabelle sebentar ya ” pinta mami dengan sangat hati-hati dan menarik tanganku dengan paksa ”

Baik, tapi jangan lama-lama, sebentar lagi acara akan dimulai ” seru oppung “.

Aduh sayang ku….kenapa sih pake gaun itu ? Mami kan sudah siapin kamu gaun, knp nggak dipakai ? Mami nggak mau tau, kamu harus ganti gaunnya sekarang ” desak mami begitu sampai di kamar “.

ok mom…” seru ku menurut “. Kalau soal mode, mami nggak akan pernah kalah debat, jadi percuma saja kalau aku mempertahankan seleraku sekarang “.

Mom, dipanggil oppung ” seru bang mekel  menggandeng tanganku menuruni anak tangga dari lantai 2 diikuti sorot lampu.

Teriamaksih untuk semua para kolega dan para staff yang meluangkan waktunya malam ini, hari inj saya ingin memperkenalkan anak-anak dan para cucu di keluarga besar kami ” seru oppung doli memperkenalkan semua anak dan cucu satu persatu, untuk pertama kalinya secara resmi “.

Dan yang paling istimewa hari ini saya ingin mengumumkan ahli waris tunggal nagabe group yaitu isabelle cucu perempuan satu – satunya di keluarga besar.

What ??? ” seruku kaget, melirik semua keluarga.

Its ok tuan putri seru para sepupuku dengan senyum bahagia, ternyata mereka telah membicarakan semuanya itu jauh-jauh hari tanpa sepengetahuan ku. Aku bersyukur punya keluarga yang tidak pernah meributkan soal warisan, karena oppung telah membekali semua itu jauh-jauh waktu lamanya.

Butet…ikut oppung ” pinta oppung menarik tanganku untuk menyapa setiap undangan yang datang, termasuk seseorang yang sudah tidak terlalu asing bagiku karena telah ketemu dengannya sebelumnya.

Kenalin ini Gerald anak Om Haris ” seru oppung memperkenalkanku kepada laki-laki itu dan meninggalkanku bersamanya.

Hei isabelle, dunia ini ternyata sempit yah, nggak nyangka bisa ketemu kamu lagi ” seru gerald memulai pembicaraan ”

Oh ia, bagaimana kabar kenan ? ” seru isabelle ramah ”

Kenan baik-baik saja, dia lagi tidur tadi aku tinggal di rumah bersama susternya. Oh ia by the way terimakasih ya, karna kamu sudah berhasil menaklukkan kenan ”

Nggak usah berterimakasih, itu sudah menjadi tugas saya sebagai seorang dokter gigi, kenan itu baik kok.

Tapi yang pasti aku salut sama kamu, cantik, pintar, baik hati dan tidak sombong, walaupun kamu punya semuanya.

Hehehehe hidup ini cuma sementara gerald, buat apa sombong ? Tak ada gunanya, hidup sederhana selalu diajarkan kepadaku sejak kecil ” seru isabelle tersenyum manja “.

Kamu juga kan sama, cowok ganteng, pintar dan baik hati ” puji isabelle menatap lembut ke arah gerald “.

Akhirnya sejak malam itu, gerald dan isabelle semakin dekat dan jalan bersama, termasuk ayah dan ibu nya gerald sering berkunjung ke rumah oppung.

Kini isabelle sah jadi dokter dan menetap di jakarta bersama oppung dengan semua kelimpahan yang diberikan oppung memperlakukannya bak putri raja.

Oppung telah  merencanakan semuanya dengan sangat sempurna sejak aku di lahirkan kedunia ini, bahkan tengang Gerald juga,  oppung dan om sudah merencanakannya sejak aku kecil.

Tapi bagaiman bisa ???

Yang pasti, aku senang atas semua kebahagiaan yang kumiliki sekarang, aku mencintai mereka. Walau terkadang kesal atas semua sikap mereka yang protektif kepada ku, aku mencintai bang mekel bodyguard terganteng dan abang  terbaik diseluruh dunia, aku mencintai semua sepupu ku yang lain, mereka turut ambil andil dalam kebahagiaan ku, mengenalkanku tempat-tempat seru, disetiap cerita hidupku selalu ada mereka, liburanku selalu sekitar mereka dan aku sangat menikmatinya. Dan untuk papi dan mami terbaik di dunia, malaikat yang dikirim Tuhan untuk mendidik dan menjaga ku dan mencitaiku begitu rupa, dan untuk oppung boru dan oppung doli terimakasih atas semua cinta dan kelimpahan yang diberikan kepadaku dan telah memilihkanku laki-laki terbaik di seluruh dunia, dan untuk Gerald, terimakasih telah mencintaiku tanpa syarat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s