Tiga cara Mempelajari Sesuatu

Belajar itu adalah mengetahui atau mempelajari sesuatu yang belum di ketahui.

Yup itu benar sekali…

Sesuai dengan pengalaman, gue bisa simpulkan tiga cara mempelajari sesuatu, apa saja kah itu ?

Cek it ot……

  1. Pendidikan

Dalam Pendidikan / sekolah / kampus / Kursus kita dapat mengetahui segala sesuatu atas dasar pengajaran yang kita terima dari guru, dosen, ataupun guru prifat  yang memang sudah terjadwal dan mau tidak mau kita harus melakukannya Meskipun  kita tidak menyukai pelajaran tersebut.

Sama seperti pengalaman gue  waktu kuliah, sebenarnya sih boleh di bilang gue  nyasar di bidang IT alias Teknik Informatika padahal gue sendiri hanya berminat di bidang Sastra Inggris semenjak gue di SMA, namun karena bidang IT yang memungkinkanku untuk tidak mengulang dari semester satu lagi maka gue terpaksa mengambilnya juga hingga saat ini gue berhasil menyelesaikan nya dalam kurun waktu 3,5 tahun dan gue berterimakasih untuk itu karena dengan terpaksa saya mengetahui bidang IT.

 

  1. Otodidak

Otodidak itu apa sih ??? apa itu sejenis makanan ringan ???

Hehehehehe….

Menurut  tante Wikipedia sih Otodidak atau autodidak ( berasal dari bahasa Yunani autodídaktos = “belajar sendiri”) merupakan orang yang tanpa bantuan guru bisa mendapatkan banyak pengetahuan dan dasar empiris yang besar dalam bidang tertentu. Mereka mendapatkan pengetahuan tersebut dengan belajar sendiri.

Yups…betul sekali….

Menurut gue otodidak itu adalah jalan pintas untuk cepat pintar tanpa harus mengeluarkan banyak duit untuk kuliah atau mengambil kursus di tempat resmi namun memiliki ilmu yang sama bahkan lebih dari mereka yang mengikuti sekolah formal.

Sama seperti gue waktu itu tertarik ingin mempelajari alat musik gitar setelah melihat seseorang memainkannya dengan sangat indah.

Awalnya saya ingin mendaftar Les Private namun karena biayanya yang mahal menurut gue, akhirnya gue memutuskan untuk belajar sendiri dari mbah google dan mas youtube dan akhirnya itu berhasil walaupun saat ini belum begitu mahir.

  1. Pengalaman Hidup

Ini sedikit ekstrim menurut gue dan kebanyakan orang tidak menyukainya. Namun pengalaman hidup merupakan sekolah yang sangat mampu menorehkan ilmu itu di hati si orang tertentu.

Sama seperti pengalaman gue hari minggu yang lalu, sebenarnya sih saya belum pernah bepergian dengan yang namanya Kreta Api apalagi menaikinya ?

Namun karena saat itu saya bersama teman yang tidak mengerti juga, maka dengan terpaksa gue memberanikan diri untuk bertindak dan bertanya ke pada para petugas yang on duty.

Tidak ada alasan untuk berkata “ saya tidak pernah naik kreta “

Pilihan hanya dua “ malu bertanya atau tunda keberangkatan dan pergi dengan naik bus yang memakan biaya lebih banyak dan menghabiskan waktu yang juga lama “

 

Sekian dulu ngobrolan kita teman-teman, ini boleh di percaya dan boleh tidak…

Terimakasih…

Mauliate godang ….

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s