Jumat Agung

20150215_113152GPI THB, Jumat 3 April 2015

Pdt. K Hutabalian

Markus 15 : 20b – 39

20b ” Kemudian Yesus dibawa keluar untuk disalibkan.

21 ” Pada waktu itu lewat seorang yang bernama simon, orang kirene, ayah alexander dan rufus, yang baru datang dari luar kota dan orang itu mereka paksa untuk memikul salib Yesus.

22 ” Mereka membawa Yesus ketempat yang bernama golgota, yang berarti tempat tengkorak.

23 ” Lalu mereka memberi anggur bercampur mur kepadaNya tetapi Ia menolaknya.

24 ” Kemudian mereka meyalibkan Dia lalu mereka membagi pakaianNya dan membuang undi atasNya untuk menentukan bagian masing – masing.

25 ” Hari jam sembilan ketika Dia disalibkan.

26 ” Dan alasan mengapa Ia di hukum disebut pada tulisan yang terpasang disitu ” Raja orang Yahudi ”

27 ” Bersama dengan Dia disalibkan dua orang penyamun, seorang disebelah kananNya dan seorang disebelah kiriNya.

28 ” Demikian genaplah nas Alkitab yang berbunyi : ” Ia akan terhitung diantara orang  – orang durhaka ”

29 ” Orang-orang yang lewat disana menghujat Dia, dan sambil menggelengkan kepala mereka berkata : ” Hai Engkau yang mau merubuhkan bait suci dan mau membangunnya kembali dalam tiga hari ”

30 ” Turunlah dari salib itu dan selamakan diriMu.

31 ” Demikian juga imam-imam kepala bersama-sama ahli taurat mengolok-olokan Dia diantara mereka sendiri dan mereka berkata: “orang lain Ia selamatkan, tetapi DiriNya sendiri tidak dapat Ia selamatkan.

32 ” Baiklah mesias Raja Israel itu turun dari salib itu, supaya kita lihat dan percaya ” bahkan kedua orang yang disalibkan bersama-sama dengan Dia mencela Dia.

33 ” Pada jam dua belas, kegelapan meliputi seluruh daerah itu dan berlangsung sampai jam tiga.

34 ” Dan pada jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring :”Eloi, Eloi, Lama Sabakhtani”, yang berarti Allahku, Allahku mengapa Engkau meninggalkan Aku?

35 ” Mendengar itu, beberapa orang yang berdiri disitu berkata : “lihat Ia memanggil Elia”

36 ” Maka datanglahseorang dengan bunga karang, mencelupkannya kedalam anggur asam lalu mencucukkannya pada sebatang buluh dan memberi Yesus minum serta berkata : Baiklah kita tunggu dan melihat apakah Elia datang menurunkan Dia”

37 ” Lalu berserulah Yesus dengan suara nyaring dan menyerahkan nyawaNya.

38 ” Ketika itu tabir Bait Suci terbelah dua dari atas sampai kebawah.

39 ” waktu kepala pasukan yang berdiri dihadapan dengan Dia melihat mati Nya demikian, berkatalah ia :”Sungguh orang ini adalah Anak Allah”.

Yohanes 10 : 30 ; 33

30 ” Aku dan Bapa adalah satu.

33 ” Jawab orang-orang yahudi itu : bukan suatu pekerjaan baik maka kami mau melempari Engkau, melainkan karena engkau mau menghujat Allah dan karena engkau, sekalipun hanya seorang manusia saja, menyamakan diriMu dengan Allah.

Matius 27 : 37

” Dan diatas kepalaNya terpasang tulisan yang menyebut alasan mengapa Ia dihukum: “inilah Yesus Raja orang Yahudi”

Yohanes 19 : 29 – 30

29 ” Disitu ada suatu bekas penuh anggur asam, maka mereka mencucukkan bunga karang, yang telah dicelupkan dalam anggur asam, pada sebatang hisop lalu mengunjukkanya kemulut Yesus.

30 ” Sesudah Yesus meminum anggur asam itu berkatalah Ia, “sudah selesai” lalu Ia menundukkan kepalaNya dan menyerahkan nyawaNya.

1 Petrus 3 : 18

” Sebab juga Kristus telah mati sekali untuk dosa kita, Ia yang benar untuk orang-orang yang tidak benar, supaya Ia membawa kita kepada Allah, Ia yang telah dibunuh dalam keadaanNya  sebagai manusia, tetapi yang telah dibangkitkan menurut Roh.

Yohanes 12 : 24

” Aku berkata kepadamu:: sesunguhnya jikalau biji gandum tidak jatu kedalam tanah dan mati, ia tetap satu biji saja, tetapi jika ia mati, ia akan menghasilkan banyak buah.

Kejadian 3 : 21

” Dan Tuhan Allah membuat makanan dari kulit binatang untuk manusia dan untuk istrinya itu, lalu mengenakannya kepada mereka.

Keluaran 12 : 13

” Dan darah itu menjadi tanda bagimu pada rumah-rumah dimana kamu tinggal, Apabila Aku melihat darah itu, maka Aku akan lewat dari pada kamu. jadi tidak akan ada tulah kemusnahan di tengah-tengah kamu, apabila Aku menghukum tanah mesir.

Yohanes 6 : 51

” Akulah roti hidup yang telah turun dari sorga. jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya, dan roti yang Kuberikan itu ialah dagingKu, yang akan kuerikan untuk hidup dunia.

https://d19tqk5t6qcjac.cloudfront.net/i/412.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s