GPI THB (First visit)

minggu14sept14MINGGU, 14 SEPTEMBER 2014

Minggu pertama aq ibadah di tempat ini, sebelumnya ibadah di GPI Kota Pujian.

aq merasa semua ini adalah rancangan Tuhan, dimana kotbah hari ini benar-benar mengingatkanku, menegor dan menasehati. bersyukur karna Tuhan kasih kesempatatan untuk anak-anaknya kembali lebih dekat kepadaNya.

Kotbah I :

St. B Siburian

Amsal 17 : 14 “Memulai pertengkaran adalah seperti membuka jalan air, jadi mundurlah sebelum perbantahan mulai”

Keterangan : suatu contoh ketika seseorang yang ingin membuka aliran air itu sangatlah susah tetapi untuk seterusnya air akan dapat mengalir, maksudnya disini bahwa ketika kita sudah memulai pertengkaran maka selanjutnya akan kebiasaan untuk bertengkar bahkan bisa-bisa kalau tidak bertengkar akan merasa ada sesuatu yang kurang dan itu akan menjadi sifat kita. maka untuk itu sebelum hal itu terjadim mundurlah atau mengalah lah untuk menang.

Ibrani 13 : 5 – 6 ” Janganlah kamu menjadi hamba uang, cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. karena Allah telah berfirman :”Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan menninggalkan engkau” 6 ) sebab itu dengan yakin kita dapat berkata  :”Tuhan adalah penolongku, aku tidak akan takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku ?

keterangan : pada nats Firman Tuhan ini kita diajarkan untuk mencukupkkan diri dengan apa yang kita punya, misalnya kita punya gaji 1 juta maka kita harus bisa hidup dengan uang segitu sampai gajian selanjutnya jangan sampai pengeluaran lebih besar sari penghasilan. dan yang kedua kita diajarkan suppaya bersyukur, misalnya kita punya motor tapi orang lain punya mobil, maka kita akan tetap bersyukur supaya kita bisa menikmatinya yah setidaknya kita tidak capek jalan kaki. selalu ada alasan untuk bersyukur.

Kotbah II : Pdt. L Hutabalian

Kolose 2 : 6 – 7 ” Kamu telah menerima Kristus Yesus Tuhan kita. karena itu hendaklah hidupmu tetap di dalam Dia dan di bangun diatas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur.

Dalam nats Firman Tuhan ini kita dapat belajar beberapa hal :

1. Hendaklah hidupmu tetap di dalam Yesus

ilustrasi : ” Kapas dan air ”

Ketika kapas dimasukkan ke dalam air maka otomatis air akan masuk kedalam kapas, maka ketika kita memutuskan untuk mengikut Tuhan maka kita harus benar-benar menyatu dengan Tuhan, jangan seperti batu yang di masukkan di dalam air, memang batu ada di dalam air tapi air tidak masuk di dalam batu maksudnya mengikut Tuhan tapi menaruh Tuhan di luar kehidupan kita. maka marilah kita menyatu dengan Yesus sang juru slamat kita.

2. Hendaklah Kamu berakar di dalam Yesus

ilustrasi : “Tanaman dan akarnya”

ketika suatu tanaman di tanam di suatu tempat maka dia akan bertumbuh dan berakar, dan ketika akar itu di cabut maka tanaman itu perlahan-lahan akan kering dan mati, maka kita sebagai anak Tuhan juga harus berakar di dalam Yesus supaya kita hidup dan jangan sekali-kali meninggalkan Nya karena perlahan-lahan hidupmu akan terasa hampa dan kosong.

3. Hendaklah kamu bertambah teguh di dalam Yesus

4. Hendaklah hatimu melimpah dengan syukur

Firman Tuhan dalam hal bersyukur juga terdapat dalam beberapa nats :

– 1 Tesalonika 5 : 18 “mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu “.

– Efesus 5 : 20 ” ucaplah syukur senantiasa atas segala sesuatu dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus kepada Allah Bapa kita “.

God Bless….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s